Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabalong Alokasikan Dana BOS Rp 30 Miliar

Kompas.com - 23/11/2011, 21:30 WIB

TANJUNG, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan, pada tahun ini mengalokasikan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Rp 30 miliar mulai tingkat sekolah dasar hingga sekolah lanjutan tingkat atas.

"Total dana BOS untuk tahun ini mencapai Rp 30 miliar lebih atau sekitar 60 persen dari anggaran pendidikan," kata Kepala dinas pendidikan setempat Erwan di Tanjung, ibukota Tabalong, Rabu (23/11/2011).

Ia merinci dari total dana BOS tersebut sekitar Rp 20 miliar dialokasikan untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), SMP dan sederajatnya dan sisanya digunakan untuk tingkat SLTA/SMK.

"Melalui program BOS diharapkan bisa meringankan beban biaya pendidikan salah satunya dengan membebaskan pungutan bagi siswa SD negeri dan SMP negeri terhadap biaya operasi sekolah," tambah Erwan lagi.

Bahkan untuk siswa tingkat SLTA maupun SMK, pemberian dana BOS di Tabalong sudah mulai diberlakukan sejak 2006. "Saat ini bantuan dana BOS untuk siswa tingkat SLTA sebesar Rp 85 ribu per siswa per bulan dan siswa SMK sebesar Rp 95 ribu per siswa per bulan," jelas Ketua PGRI Tabalong, Tarsi Mugeni.

Tarsi pun berharap penggunaan dana tersebut harus sesuai dengan petunjuk teknis dan jangan sampai ke luar dari koridornya.

Sementara itu dalam master plan pendidikan Tabalong 2011 - 2015, tiga permasalah dasar yang menjadi prioritas yakni pemerataan dan perluasan akses, peningkatan mutu, relevansi dan daya saing serta penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com