Segera Hadir Sensor Gerak "Kinect" untuk PC

Kompas.com - 24/11/2011, 09:25 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Sensor gerak Kinect yang saat ini hanya tersedia di konsol game Xbox 360 tak lama lagi akan hadir di PC. Dengan Kinect, nantinya pengguna komputer dapat memberikan perintah atau bermain game lewat gerakan tangan atau suara.

Microsoft menyatakan saat ini selain sedang menyiapkan Kinect untuk diintegrasikan ke komputer dengan sistem operasi Windows, mereka juga bekerja sama dengan developer untuk membuat software yang mendukung Kinect.

Kinect adalah perangkat tambahan, sementara ini hanya dapat digunakan bersama Xbox 360, yang memungkinkan pengendalian game menggunakan gerakan badan, tangan atau kaki, bahkan lewat suara.

Kinect untuk PC sudah pasti akan berbeda dengan Kinect untuk Xbox 360, baik secara hardware maupun software, demikian menurut sumber internal Microsoft. Microsoft harus mendesain khusus Kinect untuk PC, menyesuaikan dengan karakter pemakaian komputer yang tentu berbeda dengan konsol game Xbox.

Misalnya, soal jarak ideal antara perangkat dengan sensor Kinect. Di Xbox 360 yang memang dirancang untuk digunakan di ruang keluarga, jarak minimal untuk pemakaian optimal adalah 5 meter.

Syarat ini tentu tak bisa diaplikasikan untuk PC, karena tentu terlalu jauh. Untuk itu, Microsoft akan membuat "Near Mode" yang memungkinkan jarak antara kamera sensor Kinect dengan PC cukup 50 sentimeter.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.