Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marzuki: Jangan Persoalkan Pilihan DPR

Kompas.com - 24/11/2011, 19:49 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie meminta semua pihak tidak mempermasalahkan siapa pun empat calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang akan dipilih Komisi III DPR.

Marzuki mengatakan, delapan capim KPK yang diterima DPR untuk diseleksi telah melalui seleksi yang panjang oleh Panitia Sseleksi (Pansel) Capim KPK. Marzuki yakin KPK melakukan seleksi dari kalangan profesional.

"Jadi jangan seolah-olah menyalahkan DPR. Kalau yang disodorkan Pansel semua benar, siapa pun yang dipilih enggak akan jadi masalah," kata Marzuki di kompleks Gedung DPR, Kamis (24/11/2011).

Marzuki mengatakan itu menyikapi desakan berbagai pihak, termasuk internal Pansel, untuk memilih empat calon dengan rangking teratas oleh Pansel. Jika tidak, DPR dinilai memiliki kesepakatan-kesepakatan tertentu.

Marzuki mengatakan, seharusnya Pansel tidak meloloskan calon yang tidak kredibel. Menurut dia, DPR tidak mungkin melakukan seleksi ulang calon seperti yang dilakukan Pansel lantaran keterbatasan waktu.

"Jadi, Pansel betul-betul seleksi semua orang yang pantas jadi pimpinan KPK. Sekarang, kan, seolah-olah empat calon di bawah pelengkap penderita. Seolah-olah yang diusulkan empat yang di atas, kan, enggak betul itu," kata politisi Partai Demokrat itu.

Marzuki mengatakan, lantaran lembaga politik, DPR punya cara tersendiri dalam memilih calon. Sembilan fraksi di DPR, kata dia, masing-masing punya pandangan mengenai calon. "DPR ini cuma tanya, tanya, selesai. Paling penting itu di Pansel," ujarnya.

Seperti diberitakan, fit and propert test delapan capim KPK akan dimulai Senin pekan depan. Dalam satu hari, Komisi III akan menguji dua calon. Rencananya, empat calon pimpinan akan dipilih Jumat pekan depan sekaligus memilih ketua KPK baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com