Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Guru, Ayo Belajar Bahasa Inggris!

Kompas.com - 25/11/2011, 13:56 WIB
Maria Natalia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelajaran bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran yang dinilai penting untuk dipelajari di setiap sekolah. Bukan hanya anak-anak yang perlu belajar bahasa Inggris, para guru juga diharapkan fasih dalam menggunakan bahasa tersebut. Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Suyanto, dalam peringatan Hari Guru Nasional bersama 350 guru di SDN II Cideng, Jakarta Pusat, Jumat (25/11/2011).

Dalam acara ini, diluncurkan pula program English Teaching Program yang turut digagas British Council dan dihadiri oleh sejumlah tokoh pemerhati pendidikan dan anak-anak, seperti Dik Doank dan Slamet Raharjo.

"Guru juga harus bisa berbahasa Inggris. Bahasa Inggris itu sebenarnya tidak perlu di sekolah, di mana pun bisa kita pelajari. Yang paling penting dari belajar bahasa Inggris adalah berani. Kalau kita berani, kita pasti dapat belajar dan mengucapkannya dengan baik. Jadi Para guru jangan takut belajar bahasa Inggris," ujar Suyanto.

Dalam program ini, British Council dan sukarelawan dari dari sebuah bank swasta internasional akan mengajarkan pelatihan untuk 400 guru di se-DKI Jakarta. Program ini rencananya akan digelar secara rutin di sekolah-sekolah, termasuk mengembangkan pelatihan bagi para guru di luar DKI Jakarta.

Country Director British Council, Keith Davies mengatakan, pihaknya ingin membantu guru untuk membangun Indonesia, termasuk memberikan pelajaran bahasa Inggris yang baik untuk murid-murid.

"Bahasa Inggris kini menjadi bahasa internasional untuk dapat akses menuju dunia luas. Oleh karena itu, kami senang, dapat memberikan pelatihan bagi para guru di Indonesia. Mari kita bersama-sama membangun Indonesia dan anak-anak kita lebih baik. Selamat Hari Guru untuk semuanya," kata Keith.

Pada peringatan Hari Guru ini, para siswa juga tak ketinggalan mengungkapkan apresiasinya terhadap para guru, termasuk menuliskan kata-kata mutiara dan kebanggaan mereka terhadap guru dalam sebuah kanvas.

Salah satu pesan dari Slamet Raharjo kepada para guru, agar sebelum belajar bahasa Inggris, cintai dulu Bahasa Indonesia.

"Ingatlah, bahasa ibu adalah bahasa yang utama. Kita berterimakasih karena dua lembaga ini, membantu kita dalam mempelajari bahasa Inggris. Sebelum menguasai bahasa Inggris, kita juga harus paham dan mengerti betul bahasa Indonesia, karena bahasa adalah cerminan bangsa," ungkap Slamet. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com