Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibas-Aliya Resepsi, Pameran Pariwisata Merasa Dirugikan

Kompas.com - 26/11/2011, 11:33 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Resepsi pernikahan Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas (putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono) dengan Siti Rubi Aliya Rajasa (putri Menko Perekonomian Hatta Rajasa) yang digelar di Jakarta Convention Center, Sabtu (26/11/2011), rupanya berimbas pada penyelenggaraan pameran pariwisata yang juga diselenggarakan di tempat yang sama.

Pameran Indonesian Tourism and Travel Fair 2011 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terpaksa tutup lebih awal. Penyelenggara pun merasa dirugikan. "Kalau secara penyelenggaraan, secara jam, pasti ya (dirugikan). Hanya kami mengikuti saja prosedur karena negara pasti punya protap untuk kemananan," kata koordinator pameran, Temmy di JCC, Jakarta, Sabtu.

Pameran pariwisata ini digelar 25 November hingga 27 November dengan mengundang lebih dari 100 peserta pameran yang terdiri dari penjual produk pariwisata seperti penginapan dan travel.

Temmy menjelaskan, pihaknya diminta menutup pameran pada pukul 15.00. Padahal seharusnya, pameran yang mengundang 65 pembeli produk pariwisata dari luar negeri itu tutup pada 20.00. Pemberitahuan batas waktu penutupan pameran tersebut diterima pihak penyelenggara melalui surat yang dikirim pengelola JCC beberapa hari lalu.

"Padahal ini pameran yang bertujuan untuk pariwisata, buyer meet seller (pembeli bertemu penjual), di mana ada 65 buyers (pembeli) dari luar negeri yang sampai saat ini akan diadakan business to business, antara buyer dan seller," katanya.

Hal senada diungkapkan salah satu peserta pameran. Pengelola sebuah hotel di Bandung itu memperkirakan, jumlah pengunjung hari ini akan menurun drastis dibanding kemarin. "Mungkin pengunjung akan takut karena sulit masuk ke sini (JCC)-nya kan. Taxi saja enggak bisa masuk sini. Kami saja tadi mau masuk sulit," ujar peserta pameran yang enggan disebut namanya itu.

Pengamanan JCC, katanya, tampak diperketat. "Ya diperiksa-periksa mobilnya, cukup lama tadi," tutur dia.

Resepsi pernikahan Ibas-Aliya akan digelar pukul 19.00-21.00 di JCC. Diperkirakan, sekitar 3.500 orang akan menghadiri perhelatan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com