Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Din: Busyro Harus Berani Ungkap Kasus Century!

Kompas.com - 28/11/2011, 18:15 WIB
Ary Wibowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi agar lebih berani mengungkap kasus Bank Century. Din menilai, KPK saat ini sudah memiliki cukup bukti untuk mengungkap kasus yang diduga melibatkan Wakil Presiden Boediono dan mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tersebut.

"Kepada KPK, khususnya Busyro Muqqoddas (Ketua KPK), yang merupakan kader Muhammadiyah, untuk lebih berani dan menyeret mereka yang sudah disebut-sebut terlibat dalam mahaskandal Century ini. Panggillah mereka sebagaimana tersangka lain yang dipanggil KPK," ujar Din di Jakarta, Senin (28/11/2011).

Kasus Century, menurut Din, jika terus dibiarkan tanpa kejelasan, akan mempunyai dampak besar bagi kehidupan bangsa Indonesia. Apalagi, nuansa politik dari penguasa sangat kental dalam kasus tersebut. "Ini tidak bisa kita biarkan, kalau tidak bisa ini akan bisa jadi dosa warisan walaupun saya tak percaya adanya dosa warisan. Dosa warisan yang akan ditanya di kemudian hari, sebelum di alam barzah, pada generasi yang akan datang," tuturnya.

Lebih lanjut, menurut Din, Muhammadiyah akan terus mengedepankan prioritasnya terhadap penuntasan berbagai tindak pidana korupsi termasuk kasus Century.

Ia juga menyarankan agar semua elemen masyarakat terus menyuarakan penuntasan kasus tersebut. "Masa Century yang di depan mata tidak bisa diselesaikan. Baik, yang mempunyai wewenang yaitu DPR, KPK, maupun masyarakat luas harus segera menuntaskan kasus itu. Kalau tidak diselesaikan, korupsi akan terus meluas," kata Din.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com