Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penelitian Kunci Tingkatkan Kesejahteraan Petani Kecil

Kompas.com - 29/11/2011, 16:21 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pakar pertanian dari Indonesia dan Australia akan bertemu di Bogor, Jawa Barat, Rabu (30/11/2011), untuk mengidentifikasi proyek penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani kecil.

Pertemuan yang merupakan bagian dari konsultasi yang diselenggarakan Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR/Pusat Penelitian Pertanian Internasional Australia) ini akan mengkaji proyek-proyek ilmiah guna meningkatkan produksi pertanian di Indonesia.

Tahun lalu, ACIAR membelanjakan 8,1 juta dollar Australia (sekitar Rp 74,6 miliar) untuk mendukung penelitian hortikultur, pangan, dan produksi perkebunan, produksi peternakan dan kesehatan hewan, perikanan dan budidaya air, serta kehutanan.

"Australia bertekad mendukung penelitian pertanian jangka panjang untuk meningkatkan produksi pertanian yang sangat penting untuk memperbaiki kesejahteraan petani kecil Indonesia," ujar Duta Besar Australia untuk Indonesia Greg Moriarty, Selasa (29/11/2011), dalam surat elektroniknya.

Direktur Jenderal Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian Dr Haryono menambahkan, mayoritas rakyat miskin bergantung pada pertanian untuk nafkah mereka. Penelitian dan pengembangan pertanian memperkukuh pertanian yang sangat penting bagi sasaran pemerintah pengurangan kemiskinan dan peningkatan produksi komoditas pertanian nasional yang diperlukan untuk pangan, serat, dan bahan bakar.

ACIAR telah mendukung penelitian dan pengembangan Indonesia dan menjalin kerja sama dengan Kementerian Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, serta Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan  selama hampir 30 tahun. "Saya harap kerja sama ini dapat terus berlangsung dipertahankan dan diperkuat di masa depan," kata Haryono.

Proyek-proyek ACIAR di Indonesia didanai oleh program bantuan Australia. Indonesia adalah negara penerima program ACIAR yang terbesar karena kedekatan dan nilai penting strategisnya bagi Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com