Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemenang Lomba Karya Tulis Raih Puluhan Juta Rupiah

Kompas.com - 30/11/2011, 08:41 WIB
Icha Rastika

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Bin Haryati, Ahmadun, dan Contardo Satria Gondokusumo keluar sebagai pemenang Lomba Karya Tulis Beswan Djarum Tingkat Nasional 2011-2012 yang digelar Djarum Foundation. Hadiah kepada para pemenang diserahkan pada Selasa (29/11/2011) malam, dalam Malam Dharma Puruhita yang digelar di Semarang, Jawa Tengah.

Ketiga pemenang lomba merupakan beswan (penerima beasiswa) Djarum Foundation yang dinilai mampu memberikan gagasan orisinil dan inovatif melalui karya tulis sesuai dengan tema yang diusung, "Masa Depan keindonesiaan".

Bin Haryati (21), mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, keluar sebagai pemenang pertama lewat karyanya yang berjudul "Menghidupkan Wawasan Kebangsaan Indonesia melalui Permainan Edukasi Monopoli Cinta Indonesia". Meskipun berasal dari ITS, Haryati tidak menawarkan inovasi dari segi perkembangan teknologi, tetapi sisi yang lebih humanis. Atas buah pemikirannya itu, Haryati berhak memperoleh hadiah Rp 30 juta rupiah.

Sementara itu, Ahmadun (21), mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), menghasilkan karya berjudul "Beras Cokelat Pratanak, Jagung, dan Kacang-kacangan sebagai Pangan Darurat Fungsional". Sebagai pemenang kedua, ia memperoleh hadiah berupa uang Rp 20 juta.

Adapun, Contardo Satria (21), yang juga dari IPB, keluar sebagai pemenang ketiga lewat karyanya berjudul "Keju Nabati Berbahan Dasar Kedelai untuk Meningkatkan Kecukupan Gizi Masyarakat Indonesia". Dengan wajah sumringah, Condarto menenteng hadiah uang Rp 10 juta.

Sebanyak 164 karya tulis masuk ke dewan juri untuk mengikuti seleksi tahun ini. Dari tulisan sebanyak itu, dipilih 12 karya yang paling inovatif. Ke-12 karya tersebut kemudian melalui seleksi yang lebih ketat untuk menghasilkan posisi tiga besar.

Dewan juri yang melakukan penilaian, antara lain, Prof Soefjan Tsauri selaku Ketua Majelis Profesor Riset Indonesia, Prof Ronny Rahman Noor selaku Ketua Dewan Juri Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2011, serta Bimbom Berkah, Indonesia Country Head for Universal Music Group International, yang juga penemu bakat di dunia hiburan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com