"Si Budi dan Kabar Baik Indonesia" Menangi Lomba Blog

Kompas.com - 30/11/2011, 11:12 WIB
Penulis Icha Rastika
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

SEMARANG, KOMPAS.com - Empat mahasiswa yakni Irwan Sitinjak, Arnis Silvia, Wana Darma, dan Satria keluar sebagai pemenag lomba menulis blog yang diselenggarakan Djarum Foundation. Keempatnya dinilai mampu membuat tulisan blog yang orisinil dan kreatif serta berwawasan budaya.

Pengumuman pemenang sekaligus pemberian penghargaan bagi para pemenang itu berlangsung dalam Malam Puruhita Beswan Djarum, di Semarang, Selasa (29/11/2011) malam.

Irwan Sitinjak, mahasiswa Universitas Sumatera Utara menyabet juara pertama lewat tiga tulisan di blognya yang berjudul "Si Budi dan Kabar Baik Indonesia", "Literasi Media Seharusnya Menjadi Budaya Baru Indonesia", dan "I am Sorry for being Batak Dale". Judul tulisan terakhir menceritakan bagaimana menjadi seorang Batak yang buta terhadap budaya daerahnya atau disebut "Batak dale".

Sebagai bentuk penghargaan terhadap Irwan, Djarum Foundation memberikan hadiah berupa laptop, Apple MacBook Air.

"Perasaan saya senang sekali, enggak nyangka. Awalnya memang suka nge-blog, pengen coba. Ketika lihat beberapa tulisan peserta lain Beswan, mereka luar biasa. Aku langsung pasrah saja," kata Irwan yang ditemui seusai acara.

Sementara itu, juara kedua diraih Arnis, mahasiswa Universitas Jember. Anis yang merupakan beswan (penerima beasiswa) Djarum tahun 2007-2008 itu memperolah Apple IPad 2 sebagai penghargaan. Juara ketiga diraih Wana Darma, mahasiswa Universitas Gajah Mada yang juga alumni beswan Djarum angkatan 2009-2010. Sebagai bentuk apresiasi, dia memperoleh sebuah i-Phone.

Adapun Satria, mahasiswa Universitas Sumatera Utara, memenangi juara favorit.

Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Primadi H Serad mengungkapkan, tujuan diselenggarakannya penulisan blog selain lomba karya tulis ilmiah agar lebih mengasah kreatifitas mahasiswa.

"Tidak hanya di dunia sekolah saja tapi juga di blog," katanya.

Lomba blog beswan Djarum ini diadakan setiap tahunnya sejak dua tahun lalu. Karya yang dianggap layak menang adalah yang sesuai dengan tema, tulisan menarik, kreatif, orisinil, dan terstruktur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.