Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penggandaan Naskah UN 2012 Ditangani Pusat

Kompas.com - 01/12/2011, 09:01 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan sejumlah perubahan terhadap pelaksanaan ujian nasional (UN) 2012 dan menjamin penyelenggaraan yang lebih baik dan kredibel. Salah satunya terkait penggandaan naskah soal UN.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengungkapkan, penggandaan naskah soal UN, yang sebelumnya dilakukan di tingkat provinsi, tahun ini akan dilakukan oleh pemerintah pusat.

Penggandaan naskah UN 2012 nantinya akan menggunakan sistem security printing sehingga setiap naskah yang dicetak akan memiliki kode-kode rahasia untuk memudahkan pelacakan jika nantinya terjadi kebocoran soal.

Nuh menjelaskan, UN 2012 terpaksa disentralisasikan agar cakupan kontrolnya menjadi lebih sempit. Dengan sistem ini, pemerintah pusat tidak perlu mengawasi seluruh penggandaan naskah soal UN di semua provinsi, tetapi cukup mengawasi beberapa pos percetakan yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat.

"Menyempit agar kita bisa lebih berkonsentrasi melakukan pengawasan dan spektrum kontrol kita bisa lebih mantap. Ditambah adanya kode di soal, kita bisa tahu soal tersebut dicetak di mana," kata Nuh, Rabu (30/11/2011), di Gedung Kemdikbud, Jakarta.

Dari aspek ekonomi, sentralisasi juga dinilainya akan lebih hemat. Sebab, dengan semakin sedikitnya percetakan, jarak distribusi juga akan berbeda dibandingkan jika penggandaan soal dilakukan di semua provinsi.

"Sebagai contoh pada UN yang lalu, Bali mencetak naskah di Sidoarjo, Jawa Timur, di Jakarta, demikian dan seterusnya, tetap ada biaya distribusi. Dengan sentralisasi akan lebih hemat," ujarnya.

Ia mengungkapkan, ditempuhnya langkah sentralisasi dalam penggandaan dan pendistribusian soal UN bukan karena pemerintah pusat tidak percaya terhadap pemerintah provinsi. Kebijakan ini terpaksa harus diambil alih oleh pusat guna memastikan UN 2012 dapat terselenggara dengan lebih kredibel.

Adapun waktu pelaksanaannya, UN untuk tingkat SMA/MA akan mulai digelar pada 16-19 April 2012 dan UN susulan akan dilaksanakan pada 23-26 April. Untuk jenjang SMP/MTs dan SMPLB, UN akan dilaksanakan pada 23-26 April 2012 dan UN susulan akan berlangsung pada 30- 4 Mei 2012.

Sedangkan untuk jenjang SD/MI/SDLB UN akan digelar pada 7-9 Mei 2012, dan UN susulan akan dilaksanakan pada 14-16 Mei 2012.

"Kami sudah periksa waktu itu tidak termasuk dalam rentetan kegiatan keagamaan. Kisi-kisi sudah disebarkan ke semua sekolah dan mata ujian pertama adalah Bahasa Indonesia," kata Nuh.

Pengumuman hasil UN tingkat SMA/MA dan SMK pada 24 Mei 2012. Tingkat SMP/MTs, SMPLB, dan SMALB pada 2 Juni 2012. Sedangkan untuk pengumuman kelulusan UN tingkat SD menjadi kewenangan setiap provinsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com