Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bambang: 6 Fraksi Pilih Bambang-Abraham

Kompas.com - 02/12/2011, 12:32 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bambang Soesatyo, anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi Partai Golkar, mengatakan, enam fraksi sudah sepakat akan memilih dua calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yakni Bambang Widjojanto dan Abraham Samad.

"Bambang Widjojanto, Abraham, enam fraksi sepakat (memilih). Kita kan konsolidasi terus," kata Bambang di sela-sela proses pemilihan empat pimpinan KPK periode 2011-2015 di Komisi III DPR, Jumat ( 2/12/2011 ).

Bambang menjelaskan, enam fraksi itu adalah fraksi yang sepakat untuk menindaklanjuti kasus bailout Bank Century. Mereka yakni Partai Golkar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Hanura, dan Partai Gerindra.

Dikatakan Bambang, kedua orang itu dinilai independen dan tidak terkontaminasi dengan kekuasaan sehingga diharapkan dapat menyelesaikan kasus Bank Century.

Bambang menambahkan, enam fraksi itu juga sepakat menolak Yunus Husein, mantan Ketua Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan. Alasannya, dia masih menjabat sebagai anggota Satgas Pemberantasan Mafia Hukum yang menjadi lembaga pencitraan Presiden.

"Kita hindari pilih figur yang terkontaminasi kekuasaan. Ada juga pernyataan Yunus ketika uji kepatutan dan kelayakan yang mengganggu aktivis antikorupsi. Dia bilang akan memeriksa Presiden ketika tak menjabat lagi. Kalau ada faktanya yang kuat, yah seharusnya diselesaikan," ucapnya.

Meski demikian, menurut Bambang, keputusan politik dapat berubah dalam hitungan menit sebelum pemilihan. "Itu realitas politik," katanya. Rencananya, proses pemilihan akan dimulai pukul 14.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com