Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Capim Berpeluang Jadi Ketua KPK

Kompas.com - 02/12/2011, 14:40 WIB
Anita Yossihara

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com Meskipun belum terpilih, tiga calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi dianggap berpeluang menjadi ketua KPK menggantikan posisi Busyro Muqoddas. Ketiga capim itu adalah Bambang Widjojanto, Adnan Pandupraja, dan Abraham Samad.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Priyo Budi Santoso, dalam forum Jumatan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (2/12/2011). "Saya sendiri berpandangan ada nama-nama yang bisa diusung menjadi ketua KPK. Mereka adalah Bambang, Adnan, dan Abraham," katanya.

Meski demikian, ujar Priyo, sebenarnya masih terbuka pula peluang untuk Busyro Muqoddas bertahan menjadi ketua KPK. Namun, politikus Partai Golkar itu menyayangkan pernyataan-pernyataan Busyro yang dilontarkan beberapa waktu terakhir. Seharusnya, menurut Priyo, pimpinan KPK tidak banyak bicara, tetapi banyak bekerja.

Saat ini, rapat pemilihan capim KPK masih berlangsung. Setiap anggota Komisi III memberikan suara langsung (voting) melalui kartu suara yang dibagikan.

Priyo meminta Komisi III tetap berkomitmen menyelesaikan proses pemilihan pimpinan KPK paling lambat malam ini. Pasalnya, Badan Musyawarah sudah memutuskan untuk mengagendakan hasil uji kelayakan dan kepatutan capim KPK dilaporkan dalam rapat paripurna Selasa pekan depan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    28th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com