Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segelas Kopi dalam Hidup Melanie Subono

Kompas.com - 06/12/2011, 08:33 WIB

KOMPAS.com — Segelas kopi di pagi hari pastinya bisa menyegarkan hari Anda. Dalam segelas kopi, Anda bisa mengikuti perjalanan kehidupan seseorang. Seperti Melanie Subono, yang meluncurkan buku ketiganya, Cerita Segelas Kopi, dimana Melanie menuangkan secara jujur seluruh pengalaman pribadinya tentang hidup, cinta, nasionalisme, dan perempuan.

Kepedulian putri sulung promotor Adrie Subono ini terhadap persamaan hak-hak kaum perempuan, rasa nasionalismenya, sekaligus unek-uneknya tentang kehidupan sosial juga disampaikannya dalam buku ini. Tak terkecuali juga perjuangannya melawan penyakit tumor di dalam kandungannya.

"Banyak orang yang tidak sadar bahwa mereka itu beruntung walau banyak diterpa cobaan, karena masih banyak orang yang ternyata tidak seberuntung kita. Dan kalau kita buka mata dan lihat sekeliling kita, banyak hal yang bisa kita syukuri," ungkap Melanie kepada Kompas Female, saat peluncuran bukunya di Toko Buku Gramedia, Grand Indonesia, Jakarta, Senin (5/12/2011).

Melalui buku ini, Melanie mencoba menggambarkan bagaimana kerasnya kehidupan manusia lainnya, dan betapa tak sepantasnya kita terus mengeluh dan lupa bersyukur. Ia juga mengajak anak muda untuk menyadari potensi diri mereka, dan memotivasi mereka agar mau bergerak untuk melakukan sesuatu yang menunjukkan kepedulian kita bagi Indonesia.

Karakter Melanie yang berjiwa muda juga dituangkan dalam buku ini dengan gaya bahasanya yang lugas, tetapi tidak kaku. Selain curhat mengenai masalah cinta, kehilangan, dan kehidupan pribadinya yang lain, Mel berharap bukunya bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi semua orang.

"Aku dengan caraku sendiri berjanji akan menjadi orang yang berguna bagi siapa pun, dalam (keadaan) apa pun yang aku lakukan, dengan cara yang aku mampu, baik (melalui) musik maupun tulisan. Baik sebagai orang yang memberi motivasi, maupun kritik. And here i am," tulis Mel dalam bukunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com