Unlam Bangun Laboratorium Alquran

Kompas.com - 06/12/2011, 21:53 WIB
EditorBenny N Joewono

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin Kalimantan Selatan segera membangun laboratorium praktikum Pendidikan Alquran sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengkaji dan memperdalam Kitab Suci umat Islam tersebut.

Rektor Unlam Prof HM Ruslan usai peletakan batu pertama pembangunan laboratorium di Kampus Unlam Banjarmssin oleh Gubernur Kalsel Rudy Ariffin, Selasa mengatakan, pembangunan laboratorium tersebut merupakan pembangunan yang didambakan sejak lama.

"Kami harapkan dengan terbangunnya laboratorium tersebut pendidikan Alquran bisa lebih berkembang," katanya, Selasa (6/12/2011).

Apalagi di era globalisasi saat ini, masalah pendidikan karakter kembali mencuat karena mulai turunnya nilai-nilai karakter bangsa.

Ketua Pengembangan Mutu Pendidikan Unlam Suryansyah mengatakan, laboratorium tersebut juga dipersiapkan membantu pemerintah dalam menerapkan Perda Nomor 3 Tahun 2009 tentang Baca tulis Alquran.

"Pemerintah telah mewajibkan baca tulis Alquran masuk kurikulum sekolah, sehingga kita bertugas mempersiapkan tenaga pengajarnya," katanya.

Dengan demikian, kata dia, program pelajaran Alquran akan menjadi mata kuliah yang wajib diambil oleh seluruh mahasiswa PGSD untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan serta pemahaman terhadap kitab suci tersebut.

Melalui pendidikan dan mata kuliah tersebut, kata dia, pemerintah tidak perlu lagi melakukan pelatihan atau pendidikan khusus Alquran bagi para guru SD sebagai konsekuensi dari pemberlakuan Perda tersebut.

Peletakan batu pertama pembangunan laboratorium tersebut dilakukan Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Ariffin.

Menurut Rudy, pihaknya akan terus membantu pembangunan dan operasional Unlam melalui dana APBD. "Saya, istri saya Hayatun Fardah serta dua anak saya merupakan Alumni Unlam, jadi kami akan terus mendukung pengembangan kampus ini," katanya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.