Mahasiswa PENS ITS Rancang Aplikasi Aritmatika "Mobile"

Kompas.com - 07/12/2011, 13:29 WIB
EditorInggried Dwi Wedhaswary

SURABAYA, KOMPAS.com - Mahasiswi PENS ITS Surabaya Robiatul Kamelia dan tiga rekannya, Riska Indah Pratiwi, Galuh G Landys, dan Nyoman Sony, merancang Aplikasi Aritmatika Jari berbasis layanan mobile (telepon seluler) dengan fasilitas Android 3.1 untuk pembelajaran siswa SD. Robiatul mengungkapkan, program yang digunakannya adalah AH Kids alias Asmaul Husna Kids.

"Jadi, saya merancang aplikasi pembelajaran aritmatika jari untuk anak SD dengan menggunakan program ’AH Kids’ (Asmaul Husna Kids) di dalam handphone Android 3.1," kata mahasiswi semester 7 Jurusan Informatika D4 PENS ITS, di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (7/12/2011).

Robiatul menjelaskan, aplikasi yang dirancang itu berisi fasilitas tutorial dan latihan. Fasilitas tutorial memiliki sejumlah layanan, di antaranya, pengenalan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

"Saya sudah melakukan survei di SD Klampis Ngasem 4, Surabaya pada 14 anak. Hasilnya, anak-anak mengaku lebih senang belajar dengan menggunakan jari pada media mobile itu," kata Robiatul, yang pernah meraih juara pertama untuk kategori "Game Android" yang diadakan salah satu provider di Jakarta pada 28-30 November lalu.

Dengan prestasinya, salah satu mobile provider akan mempelajari aplikasi yang dirancang Robiatul dan rekan-rekannya. Bila layak jual, rancanngannya akan dijadikan aplikasi pada Android untuk masyarakat umum.

Sebelumnya, pada Oktober lalu, mahasiswa Jurusan Sistem Informasi (SI) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer (STIKOM) Surabaya, Irianto Bunga Pratama, juga merancang Aplikasi Bahasa Inggris (APBIN) berbasis layanan mobile (telepon seluler) dengan fasilitas Android 2.2.

Aplikasi yang dirancang Irianto ini berisi fasilitas belajar, nilai, data, dan bantuan. Pada fasilitas belajar, ada dua layanan yakni latihan dan ujian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.