Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kulik Pendidikan Inggris di "The Best of UK Festival"

Kompas.com - 07/12/2011, 16:41 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia akan menggelar Festival Kebudayaan Inggris "The Best of UK Festival", pada 9-11 Desember 2011, di Pacific Place, Jakarta Selatan. Selama tiga hari, masyarakat Indonesia akan diajak untuk merasakan kehidupan dan kebudayaan Inggris dengan penampilan berbagai karya dari para alumni pelajar Inggris.

Menteri Negara Inggris untuk Kawasan Asia Pasifik, Jeremy Browne mengatakan, The Best of UK Festival adalah perayaan akan kehidupan, kebudayaan, dan pendidikan tinggi Inggris. Selain menampilkan seni budaya, festival ini juga akan menampilkan presentasi dari pendidikan tinggi dan program beasiswa ke Inggris, program pendidikan bahasa Inggris, dan program perubahan iklim British Council.

Dalam festival ini, penyelenggara sengaja menciptakan suasana agar terjadi interaksi langsung antara para alumni pelajar Inggris dengan para pengunjung dengan tujuan untuk menarik minat masyarakat Indonesia datang dan melanjutkan studi di Inggris. Tujuan jangka panjangnya, kata Jeremy, untuk memperkuat posisi Inggris sebagai salah satu referensi dan mitra bagi pendidikan, seni, dan kebudayaan di Indonesia.

"Festival ini merupakan contoh sempurna dari berbagai kegiatan Inggris di luar negeri. Pemerintah Inggris melalui British Council akan terus memfasilitasi dan menciptakan kesempatan bagi masyarakat pada dua negara untuk meningkatkan hubungan bilateral," ungkap Jeremy saat meluncurkan The Best of UK Festival, Rabu (7/12/2011), di Menteng, Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur British Council Indonesia mengatakan, kemitraan antara Inggris dan Indonesia terus meningkat, khususnya pada bidang seni budaya dan pendidikan. Menurutnya, festival ini merupakan wujud terbukanya kesempatan masyarakat Indonesia untuk terhubung dengan Inggris.

Terakhir, festival serupa digelar pada tahun 2002 setelah pada tahun ini kembali dihidupkan dengan menyajikan karya terbaru, dan ide-ide yang kreatif. Pada festival tahun ini, para pengunjung akan menyaksikan untuk pertama kalinya pertunjukan langsung The Light Surgeons dalam sebuah pertunjukan eksperimental audio visual multi layar yang akan mengeksplorasi lanskap dan arsitektur London melalui kombinasi live video remix dan electronic musical score.

Seputar dunia pendidikan di Inggris

Terkait dunia pendidikan di Inggris, akan ada sesi pemaparan "Study in UK" dan bagi pengunjung yang ingin berkonsultasi seputar studi di Inggris, juga bisa mengikuti sesi "Study in UK Consultation" yang telah dijadwalkan pada tiga hari acara ini berlangsung.

Selain itu, para pelajar Indonesia yang pernah mengenyam pendidikan di Inggris juga akan berbagi pengalaman mereka selama menjalani studi di negara tersebut. Tertarik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com