Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyaluaran Dana BOS SD dan SMP Tersendat

Kompas.com - 11/12/2011, 23:41 WIB

KEDIRI, KOMPAS.com - Penyaluran dana bantuan operasional sekolah tahap keempat 2011 untuk sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Kota Kediri, Jawa Timur, hingga kini masih tersendat.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Kediri Muladi, Minggu, mengemukakan bahwa seharusnya dana bantuan operasional sekolah (BOS) tahap keempat sudah tersalurkan pada Oktober 2011.

"Salah satu penyebabnya, karena terpengaruh molornya pencairan BOS tahap ketiga, akhirnya berimbas pencairan tahap empat ini," katanya, Minggu (11/12/2011).

Menurut Muladi, sebenarnya saat ini semua sekolah sudah menyelesaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS tahap ketiga, sementara dana BOS tahap keempat sudah ada di kas daerah dan tinggal ditransfer ke rekening masing-masing sekolah.

Kendati pencairan dana BOS molor, Muladi menjamin tidak akan mengganggu proses belajar mengajar. Pihak sekolah bisa memanfaatkan anggaran yang ada sebelumnya di masing-masing kas, sebelum dana BOS turun. Selain itu, dimungkinkan kepala sekolah bisa mencarikan dana talangan terlebih dahulu, sebelum anggaran untuk BOS ditransfer.

"Kepala sekolah bisa mencarikan dana operasional dulu dan ini konsekuensi yang harus dilakukan agar kegiatan sekolah tidak berhenti," ujarnya.

Muladi juga memperkirakan dana BOS sudah bisa disalurkan pada pekan depan. "Namun, untuk waktunya belum bisa dipastikan," tambahnya.

Ia berharap, untuk masalah teknis lain yang belum dipenuhi, seperti adanya revisi laporan pertanggungjawaban sudah tuntas semua sehingga dana bisa ditransfer untuk keperluan sekolah.

Dana untuk program BOS di Kota Kediri pada 2011 mencapai Rp 18 miliar yang disalurkan kepada 29.614 siswa SD dengan masing-masing mendapatkan Rp 400 ribu per tahun, dan 13.792 siswa SMP yang mendapatkan Rp 575 ribu per tahun untuk setiap siswa.

"Pencairan dana BOS dilakukan dalam empat tahap, baik kepada lembaga swasta maupun negeri di wilayah Kota Kediri," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com