Rp 200 Juta untuk Bantu Siswa Miskin

Kompas.com - 12/12/2011, 00:02 WIB
EditorBenny N Joewono

TANJUNG, KOMPAS.com — Dana program beasiswa khusus murid miskin di Tabalong, Kalimantan Selatan, dari dana dekonsentrasi mencapai Rp 200 juta lebih.

Sujadi, Kabid Pendidikan Lanjutan dan Menengah Dinas Pendidikan Tabalong, Minggu (11/12/2011), mengatakan, untuk tingkat SMA, jumlah siswa penerima program beasiswa khusus murid miskin (BKMM) tahun ini 333 orang, SMK 393 siswa, sementara SMP 1.704 siswa.

"Dana dekonsentrasi yang berasal dari pusat tahun ini mencapai Rp 200 juta lebih untuk program beasiswa khusus murid miskin dan disalurkan tiap triwulan," ungkap Sujadi.

Beasiswa yang diterima untuk siswa SMA dan SMK masing-masing Rp 65.000 per bulan, sementara siswa SMP Rp 45.000 per bulan.

Program BKMM ini, menurut Sujadi, merupakan salah satu komitmen pemerintah untuk meringankan beban siswa miskin di seluruh Indonesia, termasuk di Tabalong. "Melalui program BKMM ini diharapkan jumlah siswa putus sekolah di Tabalong bisa berkurang," tambah Sujadi.

Sementara itu, peningkatan kualitas bangunan sekolah tingkat lanjutan dan menengah direalisasikan dengan langkah rehabilitasi terhadap SMA Negeri Haruai, SMA Negeri 2 Tanjung, dan SMA Negeri Muara Uya selama 2011, serta rehabilitasi pada SMP Negeri 1 Haruai, SMP Negeri 2 Haruai, SMP Negeri 3 Haruai, SMP Negeri 1 Muara Haru, dan SMP Negeri 2 Muara Uya.

"Rehab sekolah bagi tingkat lanjutan dan menengah juga telah dilaksanakan secara bertahap karena kualitas bangunan memengaruhi kegiatan belajar dan mengajar," ungkap Sujadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.