Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nuh: Jangan Menunggu, Sekolah Harus Aktif!

Kompas.com - 14/12/2011, 09:01 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh merespons sikap pesimistis publik atas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah. Ia menegaskan, mulai tahun 2012, sekolah harus berpartisipasi aktif dalam pengelolaan dana BOS.

Partisipasi aktif sekolah, kata Nuh, dapat menekan kecurigaan yang berlebihan dan membangun optimisme semua pihak jika bantuan operasional sekolah (BOS) pada masa yang akan datang dapat tersalur dengan lebih baik, tepat sasaran, tepat jumlah, dan tepat penggunaan.

Untuk itu, kata dia, sudah selaiknya semua sekolah membuat dan menyebarluaskan surat pertanggungjawaban pengelolaan dana BOS kepada semua pihak yang bersangkutan, baik itu orangtua siswa, komite sekolah, maupun badan pengawas.

"Sekolah harus berpartisipasi aktif. Jangan nunggu ditanya baru dikasih tahu. Pajang surat pertanggungjawaban di papan pengumuman agar semua bisa tahu, atau jika perlu bagikan ke masing-masing orangtua siswa," kata Nuh, Selasa (13/12/2011) malam, seusai memberikan arahan pada acara sosialisasi BOS di Twin Plaza Hotel, Jakarta.

Pada 2012, mekanisme penyaluran dana BOS dari pemerintah pusat disalurkan ke pemerintah provinsi, kemudian ke sekolah-sekolah. Penyaluran dana BOS ke provinsi tersebut dengan menggunakan meknisme hibah. Mekanisme ini diharapkan akan mempercepat penyaluran dana BOS ke sekolah-sekolah.

Nuh berjanji, penyaluran dana BOS untuk triwulan pertama tahun 2012 akan selesai pada 9-16 Januari 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com