Beasiswa Global Bergengsi dari Australia

Kompas.com - 14/12/2011, 15:32 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Australia memberikan beasiswa bergengsi senilai 8,5 juta dollar Australia  kepada 43 warga Indonesia berprestasi untuk melanjutkan studi atau penelitian di Australia tahun depan.

Beasiswa tersebut merupakan bagian dari program Australia Awards 2012, yang bertujuan untuk memajukan pembangunan berkelanjutan dan keunggulan pendidikan di seluruh dunia.

Warga Indonesia penerima beasiswa tersebut termasuk 26 penerima Endeavour Awards berprestasi tinggi, empat di antaranya juga menerima beasiswa Prime Ministers Australia Asia Endeavour Award yang bergengsi. Selain itu, 17 tokoh muda Indonesia juga menerima beasiswa Australian Leadership Award, termasuk empat penerima beasiswa Allison Sudrajat Award.

Ini suatu prestasi besar untuk para penerima beasiswa dari Indonesia mengingat mereka bersaing melawan ilmuwan-ilmuwati terbaik dari seluruh dunia untuk mendapatkan beasiswa yang sangat berharga dan bergengsi ini , ujar Duta Besar Australia untuk Indonesia, Moriarty, Rabu (14/12/2011).

"Melalui beasiswa ini, Australia akan mendukung pembangunan Indonesia dengan mendukung pemimpin dan ilmuwan-ilmuwati masa depan dalam studi mereka. Beasiswa ini juga akan membangun hubungan antar-warga jangka panjang dan lestari antara Australia dan Indonesia," tutur Dubes Moriarty.

Pada acara tersebut, Dubes Moriarty juga meluncurkan penerbitan Australia Awards Indonesia 2010 Update yang mengkaji dampak Beasiswa Australia pada Indonesia.

Australia Awards adalah prakarsa Pemerintah Australia yang dimaksudkan untuk memperkukuh kapasitas sumber daya manusia, hubungan pendidikan dan keterampilan, serta pengetahuan di seluruh kawasan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.