Dibangun, Pembelajaran Bahasa di 13 Negara

Kompas.com - 15/12/2011, 02:31 WIB
Editor

Pontianak, Kompas - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membangun pusat pembelajaran bahasa Indonesia sedikitnya di 13 negara besar. Ini merupakan langkah awal untuk memperkenalkan budaya Indonesia di kancah internasional.

Peneliti Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dendy Sugono, mengatakan, ke-13 negara tersebut adalah Belanda, Jerman, Perancis, Italia, Inggris, Rusia, China, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Australia, Azerbaijan, dan Mesir. Saat ini hanya di Benua Afrika yang belum ada pusat pembelajaran bahasa Indonesia.

”Pusat pembelajaran bahasa Indonesia itu merupakan sarana untuk mempelajari bahasa Indonesia sehingga target kita untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional bisa tercapai,” kata mantan Kepala Pusat Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan itu, Selasa (13/12), di Pontianak.

Dendy mengatakan, bahasa merupakan sarana paling efektif untuk memperkenalkan budaya Indonesia di tingkat internasional. ”Di Jepang, peminat bahasa Indonesia cukup banyak. Setiap tahun sekitar 3.000 orang ikut ujian,” kata Dendy.

Dalam Dialog Kebudayaan yang diselenggarakan Badan Pekerja Kongres Kebudayaan Indonesia (BPKKI) di Pontianak, sejumlah peserta menilai perlu ada upaya khusus untuk mempromosikan bahasa Indonesia. Salah seorang peserta, Ruth Eflin Batu Bara, mengatakan, perlu ada upaya serius untuk mempromosikan bahasa dan kebudayaan Indonesia. (aha)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.