Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game iButterfly Gunakan Teknologi "Augmented Reality Coupon"

Kompas.com - 22/12/2011, 16:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sukses di Jepang dan di Hong Kong, kini game iButterfly hadir di Indonesia. Game yang mengajak penggunanya mencari dan menangkap kupu-kupu virtual tersedia di platform Android, iOS dan BlackBerry.

Untuk memainkan iButterfly ini, smartphone Anda harus memiliki fitur kamera dan mempunyai akses Internet. Cara memainkan iButterfly cukup mudah. Pilih menu tangkap untuk memulai permainan. Ketika di layar muncul kupu-kupu dan keluar tulisan "Tangkap," ayunkan ponsel Anda ke depan untuk menangkapnya. Simpan kupu-kupu hasil tangkapan Anda ke dalam menu "Koleksi."

Dalam iButterfly Indonesia saat ini tersedia enam jenis kupu-kupu, yaitu kupu-kupu How to Use, How to Advertise, Wish Butterfly, Batik, Jokes, dan JKT 48.

Uniknya, iButterfly juga menawarkan berbagai macam promo merchant atau diskon yang bisa langsung ditukarkan. Ada penawaran khusus di setiap kupu-kupu yang ditangkap. Aplikasi jenis iButterfly ini disebut aplikasi Mobile Augmented Reality Coupon.

Senior Marketing Manager PT Cherrypicks Indonesia, Ibnu Fajar mengatakan, iButterfly merupakan aplikasi yang multifungsi, karena membawa manfaat untuk penggunanya. "Kupu-kupu yang ditangkap oleh user itu adalah kupon, untuk mendapat diskon atau promosi dari brand tertentu," kata Ibnu saat dihubungi lewat telepon, Rabu (21/12/2011).

Ia menambahkan, selain sebagai aplikasi game, iButterfly juga menjadi advertsing platform bagi perusahaan-perusahaan yang ingin beriklan untuk menawarkan promo dan diskon yang menarik.

iButterfly sebelumnya dikembangkan oleh Dentsu Inc. Tokyo dan diluncurkan di Jepang tahun 2010. Aplikasi ini mencatat sukses di Hongkong pada 2011. Di Indonesia, iButterfly dikembangkan oleh Cherrypicks Indonesia dan Digital Division of PT. Dentsu Media Group Indonesia.

Saat ini iButterfly sudah tersedia di Android Market dan App Store. Sementara di BlackBerry App World, iButterfly akan tersedia pada pekan ketiga Januari 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com