Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komik Tentang Gubernur Jadi Kejutan Buat Foke

Kompas.com - 30/12/2011, 23:24 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ternyata uneg-uneg warga Jakarta yang sempat dituangkan dalam acara Ubeg-ubeg Jakarta dan Kotak Nyablak saat hari jadi kota Jakarta ke-484, dituangkan dalam dua buah komik berjudul 'Jakartaku Harapanku' dan 'Andai Aku Jadi Gubernur Jakarta'. Bertepatan dengan jumpa pers Catatan Akhir Tahun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kedua komik besutan kartunis, M. Mice Misrad dan novelis, Ita Sembiring, dipersembahkan khusus untuk Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo.

"Saya surprise dan berterima kasih mendapat penghargaan jadi figur buku ini," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, di Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (30/12/2011). Ia berharap dengan terbitnya komik ini dapat menjadi penyemangat bagi dirinya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk terus berbenah diri menata Jakarta yang layak ditinggali.

Karena komik ini jujur berbicara dari sisi warga Jakarta yang memang merasakan langsung hasil-hasil pembangunan di Jakarta. Ketika ditanya mengenai kaitan terbitnya komik ini sebagai langkah untuk bersaing dengan pendampingnya yang sedang mengajukan pengunduran diri, Foke enggan berkomentar. Ia pun menuturkan bahwa karya ini bukan merupakan karyanya melainkan hasil dari suara warga Jakarta.

"Ini kan bukan saya yang buat. Teman-teman ini (Mice dan Ita Sembiring) yang buat. Mereka hanya pinjam saya sebagai tokoh," ujar Foke.

Berbagai keluhan dan harapan untuk Jakarta memang tertuang secara jujur saat event Ubeg-ubeg Jakarta di Bundaran Hotel Indonesia dan sarana Kotak Nyablak yang disediakan di perhelatan Jakarta Fair 2011. Warga Jakarta bebas berekspresi dan mengungkapkan keinginannya. Jika dalam kegiatan tersebut hanya berupa tulisan di atas kain putih, dalam kedua komik ini divisualisasikan dengan gambar-gambar yang menggelitik dan cukup mengena terhadap para pimpinan di jajaran Pemerintah Provinsi Jakarta terutama Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com