Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Optimistis Jakarta Lebih Baik

Kompas.com - 31/12/2011, 01:21 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com Menjelang pergantian tahun 2011, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyatakan optimistis dapat menyempurnakan program kerja pembangunan Jakarta pada 2012, mengingat tahun ini kemungkinan dapat menjadi akhir dari masa baktinya memimpin Ibu Kota.

"Saya optimis dan saya akan berupaya keras untuk memperbaiki yang kurang. Semuanya untuk Jakarta yang lebih baik," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, saat jumpa pers Catatan Akhir Tahun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jumat (30/12/2011) di Balaikota, Jakarta.

Program prioritas Pemprov DKI Jakarta, lanjutnya, tertulis dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2012 (RPJMD 2012) dan itu menjadi pedoman baginya untuk menyelesaikan tugasnya sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta. Di luar banjir dan macet, ia juga fokus mengatasi masalah kesehatan untuk warga miskin.

"Untuk masalah kesehatan, masih banyak rumah sakit yang belum memenuhi komitmen melayani warga miskin," ungkap Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo.

Menurutnya, perlu dilakukan pendekatan persuasif pada manajemen rumah sakit dan perbaikan sistem. Metode pelayanan terhadap keluarga miskin juga sangat perlu disempurnakan agar tidak terjadi kesulitan bagi keluarga miskin untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Tidak hanya itu, pengadaan air baku bagi warga Jakarta juga merupakan masalah yang penting.

Untuk itu, ia berupaya keras melakukan pipanisasi dari waduk Jatiluhur agar pengadaan air baku di DKI Jakarta tidak terganggu dan tetap lancar. "Saat ini, sedang dalam pertimbangan untuk pipanisasi dari Jatiluhur sehingga bisa lebih mampu memberikan kebutuhan air bersih bagi warga Jakarta," ungkapnya.

Ia menjelaskan pipanisasi ini juga mendesak dilakukan karena dapat mengurangi penyedotan air tanah yang menyebabkan land subsidence atau penurunan tanah, mengingat saat ini permukaan tanah di Jakarta sudah semakin rendah sehingga rawan banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com