Rp 204 Miliar Dana BOS Segera Disalurkan

Kompas.com - 05/01/2012, 19:07 WIB
EditorBenny N Joewono

MAKASSAR, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) berkomitmen untuk lebih cepat menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2012.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Andi Muallim di Makassar, Kamis menegaskan, penyaluran dana BOS di Provinsi Sulsel akan dilakukan lebih cepat dari jadwal penyaluran tahap awal yang ditentukan Kementerian Pendidikan dan Kementerian Dalam Negeri yaitu 9-16 Januari 2012.

"Saya mau sebelum tanggal 9 Januari 2012 sudah mulai, saya usahakan besok ada pencairan. Paling lambat tanggal 9 Januari 2012 sudah dilakukan pencairan," katanya yang juga penanggung jawab penyaluran dana BOS Provinsi Sulsel.

Aturan yang menyebutkan bahwa penyaluran dana BOS paling lambat dilakukan mulai 16 Januari 2012 agar pencairan dilakukan secara kolektif setelah seluruh kabupaten dan kota menyelesaikan syarat-syarat administrasinya.

"Bagi saya kenapa tunggu kolektifnya, siapa yang selesai, cairkan hari itu juga. Kami tidak kolektif siapa yang sudah siap segera dicairkan tapi tetap dengan pedoman 16 Januari 2011 sudah selesai," ujarnya.

Ia menjelaskan, seluruh tahapan proses administrasi yang harus dilakukan untuk pencairan dana BOS telah dilakukan yaitu penandatanganan nota kesepahaman dengan kepala dinas pendidikan di kabupaten dan kota serta pendataan nomor rekening penerima.

Langkah lain yang dilakukan adalah membentuk tim manajemen yang juga diketuai olehnya untuk memastikan proses penyalurannya sesuai dengan ketentuan.

Seluruh proses administrasi ini, tambahnya, juga telah dilaporkan ke Menteri Dalam Negeri. "Nomor rekening penerima dan dananya secara keseluruhan sudah ada di Bank Sulsel," ujarnya.

Namun, terdapat delapan kabupaten yang nomor rekening-nya bervariasi dan tidak di Bank Sulsel karena dua kali perubahan aturan penyaluran BOS.

Untuk hal ini, tanpa bermaksud monopoli, pihaknya akan segera melakukan pemberitahuan ke delapan kabupaten dan kota tersebut untuk melakukan penyesuaian.

Sebagai penanggung jawab ia menegaskan bahwa diri akan memastikan secara langsung penyaluran dana BOS ke sekolah sekaligus mengantisipasi kemungkinan terjadinya penyimpangan.

Total dana BOS yang disalurkan di Provinsi Sulsel pada 2012 sebesar Rp 926 miliar termasuk dana cadangan atau meningkat Rp 288 miliar dibandingkan 2011 sebesar Rp 638 miliar.

Jumlah dana BOS yang akan disalurkan pada tahap pertama senilai Rp 204 miliar untuk 1.053.697 siswa SD dan 397.772 siswa SMP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.