Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambil Bunga, Siswa SMK Terancam Bui 2,5 Tahun

Kompas.com - 06/01/2012, 12:21 WIB

SOE, KOMPAS.com — Voni Nubatonis (16), seorang pelajar kelas II SMK Kristen SoE, NTT, kini harus duduk di kursi pesakitan, gara-gara mengambil bunga kamboja milik orangtua angkatnya, 18 November 2011 lalu. Bunga kamboja tersebut sempat dijualnya kepada Belandina Selan (65) dan Halena Mauselan. Ia melakukan itu demi untuk membayar ongkos bemo menuju sekolah.

Informasi yang dikumpulkan menyebutkan, Voni mengambil bunga kamboja kepunyaan orangtua angkatnya sendiri, Sonya Ully, di Desa Oekamusa, Kecamatan Kota SoE, NTT. Menyikapi kasus itu, keluarga Belandina Selan yang merasa peduli, sudah berupaya mendekati korban untuk menyelesaikan secara kekeluargaan, tetapi dítolak Ully.

"Kami dari pihak keluarga Selan yang dituding sebagai penadah sudah mendatangi rumah korban, tetapi ditolak dan mereka menempuh jalur hukum hingga menyeret pelaku dalam penjara dan kedua penadah sebagai saksi. Kami menunggu perkembangan putusan hakim, jika kedua penadah juga sebagai tersangka, kami akan membuat aksi solidaritas dengan mengumpulkan bunga sebanyak mungkin dan memberikan kepada korban," kata Ýafet Selan dan Frans Babis saat menghadiri sidang pembacaan dakwaan di PN SoE, Kamis (5/1/2012) kemarin.

Sidang kasus itu berlangsung secara tertutup, dipimpin oleh Hakim Ketua Iros Beru bersama Jonichol Ricard Sine dan Linda Taopan dengan Jaksa Penuntut Umum (JPÙ) Ahmad Bayadi. JPU Bayadi menjerat terdakwa dengan Pasal 362 tentang pencurian dengan ancaman penjara 2,5 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com