Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Informasi Lowongan Kerja melalui "Job Expo"

Kompas.com - 12/01/2012, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berburu informasi lowongan pekerjaan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Catatannya, asal gigih! Dengan perkembangan teknologi, hunting bisa dilakukan melalui dunia maya. Tetapi, jangan lupa juga untuk meng-update informasi pameran-pameran bursa lowongan kerja yang sering diadakan. Bahkan, institusi pendidikan tinggi juga sering mengadakan acara "Job Expo" untuk membantu para mahasiswa maupun pencari kerja bertemu langsung dengan perusahaan yang tengah membuka kesempatan kerja.

Salah satunya Universitas Nasional (Unas). Pada Desember lalu, Unas mengadakan "UNAS Job Expo 2011" yang digagas oleh UPT Marketing & Public Relations, di Kampus Universitas Nasional, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. 

UNAS Job Expo 2011 diikuti oleh 11 perusahaan dari berbagai bidang, antara lain bidang perbankan, transportasi, media, telekomunikasi, penerbit buku, kesehatan serta perhotelan. Beberapa perusahaan yang terlibat dalam pameran ini, antara lain, PT Blue Bird Group, Bank Panin, Century Healthcare, MNC Group, Hotel Santika, PT Bina Global Transport, Penerbit Erlangga dan lain-lain.

Manajer UPT Marketing & Public Relations, UNAS, Dr. Suharyono, SE., M.Si mengatakan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mempertemukan antara perusahaan penyedia lapangan kerja dengan para lulusan perguruan tinggi, baik yang berasal dari Unas maupun di luar Unas.

"Juga sebagai jembatan untuk meningatkan kemitraan antara perusahan sebagai penyedia lapangan kerja dengan perguruan tinggi sebagai penyedia SDM,'' kata Suharyono.

Pada Job Expo yang digelar untuk kedua kalinya ini, para pencari kerja bisa mengikuti open recruitment dan walk in interview yang diadakan berbagai perusahaan. Yang jelas, para lulusan perguruan tinggi bisa memilih kesempatan kerja yang ditawarkan, sesuai dengan minat yang dimiliki.

Acara ini pun mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi, baik dari para pengunjung maupun perusahaan yang terlibat. Ratusan pengunjung memadatiu arena pameran, yang terdiri dari mahasiswa tingkat akhir, alumni Unas, dan peserta umum lainnya yang berasal dari berbagai universitas berbeda seperti Universitas Trisakti, Universitas Veteran Jakarta, Universitas Pancasila, Universitas Bung Karno, dan sebagainya.

"Dalam kegiatan ini, semoga kedua belah pihak saling menguntungkan. Perusahaan bisa mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan alumni serta pencari kerja lainnya juga mendapatkan pekerjaan yang sesuai," ujar Suharyono.

Selama kegiatan berlangsung, para peserta dapat menggali informasi seputar perusahaan - perusahaan mengikuti pameran. Keuntungan mengikuti pameran lowongan kerja ini adalah, para pengunjung dapat langsung mendatangi stand-stand perusahaan yang ada. Jika tertarik dan memenuhi persyaratan, maka peserta dapat menyampaikan curriculum vitae dan foto yang sudah dipersiapkan sebelumnya. 

"Dengan adanya acara ini, saya merasa terbantu dan dimudahkan dalam mencari pekerjaan. Harapannya, semoga kegiatan seperti dapat terus diadakan untuk dapat memfasilitasi para alumni," ujar salah satu alumni Universitas Nasional, Rika F.

Salah satu perwakilan perusahaan dari Bank Panin, Ella juga mengapresiasi pameran-pameran seperti ini yang digagas oleh perguruan tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com