Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BOS Naik, Sekolah Diminta Kurangi Biaya Pendidikan

Kompas.com - 12/01/2012, 15:29 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta meminta sekolah, khususnya sekolah swasta, untuk mengurangi biaya pendidikan yang harus dibayar siswa karena dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang diberikan mengalami peningkatan. Hal itu dikatakan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Budi Ashrori di Yogyakarta, Kamis (12/1/2012).

"Ada kenaikan cukup signifikan dalam dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang diterima, karenanya kami mohon  sekolah swasta  bisa mengurangi biaya pendidikan," kata Budi.

Dana BOS untuk sekolah dasar (SD) pada tahun 2012 mengalami peningkatan sebesar Rp 180 ribu per siswa per tahun dibanding tahun. Sebelumnya, dana BOS per siswa per tahun Rp 400 ribu, kini Rp 580 ribu.

Sementara itu, dana BOS untuk sekolah menengah swasta juga mengalami kenaikan dari Rp 575 ribu per siswa per tahun menjadi Rp 710 ribu per siswa per tahun atau mengalami kenaikan Rp135 ribu per siswa per tahun. Dana BOS tersebut diperuntukkan bagi 46.097 siswa SD dengan total dana Rp 26,7 miliar dan untuk SMP sebanyak Rp 15,326 miliar untuk 21.558 siswa.

"Kami meminta hanya kepada sekolah swasta karena di sekolah negeri sudah ada peraturan yang mengatur secara jelas bahwa siswa bebas biaya operasional sejak 2009," jelas Budi.

Dana BOS untuk SD dan SMP tersebut akan disalurkan secara langsung dari Pemerintah Provinsi DIY ke rekening yang dimiliki oleh masing-masing sekolah. Selain memperoleh dana BOS dari pemerintah pusat, Pemerintah Kota Yogyakarta juga tetap memberikan dana BOS Daerah dengan besaran yang tidak berubah dibanding tahun lalu.

Bagi SD Negeri, diberikan sebesar Rp 150 ribu per siswa per tahun, sedangkan untuk SMP Rp 475 ribu per siswa per tahun. Adapun, untuk sekolah swasta diberikan sebesar Rp 100 ribu per siswa per tahun (SD) dan Rp 200 ribu per siswa per tahun untuk SMP.
   
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi DIY Baskara Aji mengatakan, dana BOS sudah mulai disalurkan sejak pekan pertama Januari 2012. Total dana BOS yang diterima DIY adalah Rp 277,281 miliar yang diberikan kepada 302.029 siswa SD dan 124.716 siswa SMP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com