Uji Kompetensi Guru Dimulai Februari 2012

Kompas.com - 17/01/2012, 05:27 WIB
EditorHertanto Soebijoto

PADANG, KOMPAS.com — Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat Jamaris Jamna mengatakan, proses uji kompetensi bagi guru yang merupakan bagian dari proses sertifikasi dijadwalkan mulai Februari 2012.

"Belum ada kepastian tanggal dimulainya, sepertinya bergantung pada anggaran. Namun, Kemdikbud merencanakan uji kompetensi akan dimulai pada Februari 2012," katanya di Padang, Selasa (17/1/2012).

Menurut dia, uji kompetensi tetap dilakukan meski banyak pihak yang menolaknya.

Dia menyebutkan, proses uji kompetensi dilakukan secara manual dengan memberi materi tertentu yang berkaitan dengan bidang studi masing-masing, termasuk penguasaan dan wawasan berdasarkan perkembangan ilmu pendidikan dewasa ini.

Dalam pelaksanaannya, LPMP akan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan kabupaten/kota. Sementara itu, guru diminta mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam hal bidang studi dan pengetahuan umum terkait pendidikan.

"Saya rasa uji kompetensi ini tidak akan terlalu sulit bagi guru, asalkan persiapan dilakukan lebih optimal," katanya.

Dia mengatakan, prosedur sertifikasi guru pada 2012 memang berbeda dengan 2011, di mana penggunaan portofolio tidak berlaku lagi. Guru diwajibkan mengikuti uji kompetensi untuk dapat mengikuti proses sertifikasi pada 2012.

Dia menyebutkan, terbuka peluang bagi 12.000 guru di Sumbar untuk mengikuti proses uji kompetensi itu.

Proses tersebut, lanjut dia, merupakan bagian dari penyaringan sehingga kuota bagi 8.066 guru yang lulus akan memperoleh jatah sertifikasi pada 2012.

Sementara untuk saat ini, lanjut dia, di Sumbar telah lebih dari 8.000 guru terdaftar untuk mengikuti uji kompetensi itu.

Diperkirakan proses sertifikasi telah dapat berlangsung pada pertengahan Maret 2012.

"Setelah hasil uji kompetensi diperoleh, kita memperkirakan proses sertifikasi dapat berlangsung pada pertengahan Maret 2012," katanya.

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X