Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Dua SMK Otomotif Didirikan di Jatim

Kompas.com - 18/01/2012, 10:23 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Dua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) baru dengan keahlian dan kompetensi khusus otomotif akan didirikan di Jawa Timur pada tahun 2012 ini. Kedua SMK ini merupakan bagian untuk mendukung dan mempercepat program mobil nasional (mobnas) oleh pemerintah dengan SMK sebagai basisnya. Masing-masing sekolah itu akan dibangun di Kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto.

“Tahun ini, dua SMK baru milik pemerintah siap didirikan. Salah satunya juga untuk memperluas keahlian otomotif,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Harun, kepada surya.co.id, Rabu (18/1/2012).

Pendirian dua SMK tersebut dibantu dengan anggaran sebesar Rp1 miliar. Meski kompetensi utama adalah otomotif, kedua SMK negeri baru itu juga membuka beragam program studi termasuk komputer. Menurutnya, dengan perkembangan saat ini, SMK sangat diperlukan dan tidak sekadar mencetak tenaga terampil. SMK dinilai paling cepat menyatu dengan dunia usaha.

“Semua dalam rangka menyiapkan SDM yang terampil dan ahli. Siap terjun ke masyarakat. Mereka akan teruji keterampilannya selama tiga tahun di SMK. Sekolah kejuruan ini lebih banyak praktik dan aplikatif,” tandas Harun.

Diperkirakan, pada tahun ajaran baru Juli mendatang, dua SMK baru ini sudah bisa melakukan penerimaan siswa baru. Lahan disediakan daerah dan provinsi yang membangun gedung termasuk sarana dan prasarana lain.

SMK berbasis keahlian otomotif semakin meningkat pamornya seiring dengan diluncurkannya mobil Kiat Esemka oleh sebuah SMK di Solo, Jawa Tengah. Setelah karya siswa SMK ini terpublikasi, satu per satu SMK yang sudah menghasilkan karya serupa mulai menunjukkan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com