Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan DI Yogyakarta Paling Cepat Salurkan BOS

Kompas.com - 20/01/2012, 15:45 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemkokesra) menyatakan, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2012 untuk triwulan pertama telah 100 persen disalurkan dari provinsi ke daerah. Dari 33 provinsi, tercatat DI Yogyakarta sebagai provinsi yang paling cepat menyalurkan dana tersebut ke sekolah.

Koordinator Monitoring BOS Agus Sartono mengatakan, DI Yogyakarta telah selesai menyalurkan dana BOS triwulan pertama ke sekolah pada 4 Januari 2012. Bagaimana Yogyakarta bisa menyalurkannya dengan "super cepat"?

Agus menjelaskan, DI Yogyakarta bisa menyalurkan BOS lebih cepat dua hari dari waktu yang ditetapkan karena menggunakan putusan menteri keuangan (PMK) sebagai jaminan. PMK tersebut kemudian diserahkan kepada sekretaris daerah untuk menjamin agar dana BOS bisa terlebih dahulu ditalangi menggunakan kas daerah.

"Begitu PMK disahkan, Yogyakarta menggunakan surat itu sebagai jaminan agar BOS disalurkan dengan kas daerah. Angka yang akan diterima sudah diputuskan, pasti akan dapat, dan semua terjamin," kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (20/1/2012), di Gedung Kemkokesra, Jakarta.

Menkokesra Agung Laksono memberikan apresiasi kepada seluruh provinsi yang telah menyalurkan dana BOS dengan tepat waktu. Ia berharao, BOS 2012 pada triwulan selanjutnya bisa disalurkan sesuai dengan prediksi dua minggu penyaluran.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada daerah yang membuat penyaluran BOS lancar dan luar biasa," ungkapnya.

Atas prestasinya, DI Yogyakarta masuk dalam sepuluh provinsi yang tercepat menyalurkan dana BOS 2012 untuk triwulan pertama. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berjanji akan memberikan penghargaan kepada sepuluh daerah yang paling cepat menyalurkan.

Adapun, sepuluh provinsi yang tercatat paling cepat menyalurkan dana BOS 2012 untuk triwulan pertama adalah, DI Yogyakarta, Jambi, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com