Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas dan Kompas TV Raih Penghargaan

Kompas.com - 22/01/2012, 02:49 WIB

Jakarta, Kompas - Liputan Ekspedisi Cincin Api bertajuk ”Toba Mengubah Dunia” yang dimuat harian Kompas pada Oktober 2011 meraih penghargaan Anugerah Jurnalistik Jakarta 2011 yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen Jakarta. Liputan mendalam karya Ahmad Arif dan kawan-kawan ini mendapatkan penghargaan untuk kategori liputan mendalam untuk media cetak.

Adapun liputan mendalam kategori televisi diraih Widyaningsih dari Kompas TV melalui reportase bertajuk ”Terkepung Asap Polusi”. Kedua penghargaan tersebut diterima Redaktur Pelaksana Kompas Budiman Tanuredjo di Hotel Santika, Jakarta, Sabtu (21/1), dari Dewan Juri Rommy Fibri dan Ketua Aliansi Jurnalis Independen Indonesia Eko Maryadi.

Liputan bercorak ekspedisi yang dilakukan harian Kompas ini sebelumnya juga mendapatkan penghargaan Tirto Adhi Soerjo 2011 yang diberikan pada 7 Desember 2011. Direktur Newseum Taufik Rahzen menyebutkan, liputan bercorak ekspedisi yang dilakukan Kompas memberikan warna baru dalam jurnalisme Indonesia. Bahkan Taufik menyebut liputan Ekspedisi Cincin Api yang menggunakan pendekatan multiplatform sebagai beyond journalism.

Ekspedisi Cincin Api dilangsungkan Kompas selama setahun dengan pendekatan multimedia, multichannel, dan multiplatform. Konten Ekspedisi Cincin Api bisa disaksikan melalui berbagai platform, seperti Kompas, Kompas.com, dan Kompas TV. Konten Ekspedisi Cincin Api juga bisa diunduh di iPad di AppStore dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris.

Ekspedisi Cincin Api dimulai dari liputan tim di ”Tambora Mengguncang Dunia” (September), ”Toba Mengubah Dunia” (Oktober), ”Krakatau—Menyingkap Rahasia Kehidupan” (November), ”Agung-Rinjani—Hidup Mati di Gunung Api” (Desember), dan ”Kelud Revolusi Gunung Api” (Januari 2012). Pada Februari 2012, Kompas akan menurunkan liputan mengenai gunung api di Jawa Tengah, sedangkan pada Maret 2012 akan menjelajahi gunung api di Jawa Barat dengan tema urban volcano. (bdm)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com