Tak Ada Perubahan Jadwal Ujian Nasional - Kompas.com

Tak Ada Perubahan Jadwal Ujian Nasional

Kompas.com - 24/01/2012, 11:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP) Teuku Ramli Zakaria menegaskan, tak ada perubahan jadwal Ujian Nasional 2012. Pelaksanaan ujian nasional tetap pada jadwal yang sudah diputuskan yaitu UN untuk tingkat SMA/MA akan mulai digelar pada 16-19 April 2012, dan UN susulan akan dilaksanakan pada 23-26 April. Untuk jenjang SMP/MTs dan SMPLB, UN akan dilaksanakan pada 23-26 April 2012, dan UN susulan akan berlangsung pada 30- 4 Mei 2012.

Adapun untuk jenjang SD/MI/SDLB UN akan digelar pada 7-9 Mei 2012, dan UN susulan akan dilaksanakan pada 14-16 Mei 2012.

Penegasan Ramli ini menjawab informasi yang beredar dan diperoleh Kompas.com dari salah satu sekolah bahwa pelaksanaan ujian nasional akan dimajukan pada awal Maret 2012.

"Tidak ada perubahan waktu pelaksanaan. Sampai saat ini waktu pelaksanaan UN masih seperti semula," ujar Ramli, saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (24/1/2012).

Pengumuman hasil UN juga seperti jadwal semula. Untuk tingkat SMA/MA dan SMK akan diumumkan pada 24 Mei 2012. Tingkat SMP/MTs, SMPLB, dan SMALB pada 2 Juni 2012, sedangkan untuk tingkat SD menjadi kewenangan masing-masing provinsi.

Secara terpisah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh juga menyatakan, tidak ada informasi mengenai perubahan jadwal pelaksanaan UN.

"Saya kok belum menerima informasi soal itu. Saya rasa itu tidak mungkin, tapi nanti saya tanyakan ke badan penelitian dan pengembangan Kemdikbud," kata Nuh.

Sebelumnya, saat memperoleh informasi perubahan jadwal UN, konfirmasi juga telah dilakukan kepada Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikmen Kemdikbud), Hamid Muhammad. Hamid mengatakan, belum ada informasi mengenai hal itu.

"Kami belum terima kabar tentang diubahnya waktu pelaksanaan UN. Silakan tanya kepada Mendikbud atau BSNP," ujarnya.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorInggried Dwi Wedhaswary
    Close Ads X