Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kutu Loncat" Penebar Kebahagiaan

Kompas.com - 24/01/2012, 13:37 WIB
M.Latief

Penulis

KOMPAS.com – Meski bukan seorang penulis novel, Arvan Pradiansyah mampu menyusun cerita, membuat perumpamaan, metafora, kiasan dan semacamnya untuk membuat orang tergugah. Kata demi kata, kalimat demi kalimat yang meluncur dari dirinya seakan punya kekuatan khusus, sehingga bisa menggerakkan orang berbuat sesuatu.

"Banyak karyawan mengaku tidak bahagia dengan pekerjaannya, khususnya saat hari Senin tiba dan ada penelitian yang menunjukkan berbagai masalah yang terjadi pada hari Senin," ujar Arvan kepada Kompas.com, Sabtu (22/1/2012).

Ia menuturkan, penelitian British Medical Journal, misalnya, melaporkan serangan jantung yang meningkat 20% pada hari Senin. Berbagai penyakit juga sering kali menyertai sindrom “Monday Blues” ini seperti stres, migrain, gelisah, sakit pencernaan dan sebagainya.

Penelitian itu juga menunjukkan, bahwa hal ini merugikan perusahaan sampai ratusan juta rupiah per tahun. Hal itu didasarkan pada penelitian di AS yang menunjukkan profil karyawan sebagai berikut:

- Engaged employees: 29% yakni orang-orang yang memiliki perasaan yang positif terhadap pekerjaan mereka.

- Not Engaged: 54% orang-orang ini hanya meluangkan waktunya untuk bekerja, bukan energinya, bukan passion-nya, bukan perhatiannya.

- Actively Disengaged: 17%. Kelompok ini adalah mereka yang bukan hanya tidak bahagia di tempat kerja tetapi mereka benar-benar membenci pekerjaan dan lingkungan mereka dan senantiasa menyebarkan virus yang menggerogoti semangat kerja.

Tak ayal, Arvan juga tertarik mencermati masalah terpenting di tempat kerja tersebut saat ini, yaitu masalah semangat dan spirit bekerja dengan menggelar seminar “I Love Monday” pada Sabtu (28/1/2012) mendatang.

"Dari situ sudah terlihat orang-orang yang benar-benar bersikap positif terhadap pekerjaannya merupakan minoritas. Ini adalah suatu masalah besar," ujarnya.

Berdasarkan data di atas lantas Arvan melihat, bahwa tantangan terbesar setiap pemimpin di tempat kerja adalah menggelorakan semangat dalam dirinya dan diri setiap orang yang berada di bawahnya setiap hari, bahkan setiap saat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com