Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Harus Masuk Basis Data SNMPTN

Kompas.com - 25/01/2012, 18:49 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan terbuka bagi siswa dari SMA/SMK/MA/MAK di seluruh Indonesia. Namun, harus dipastikan sekolah tersebut masuk dalam daftar sekolah yang diunggah dalam laman resmi SNMPTN tahun 2012.

Sekolah-sekolah yang masuk dalam daftar sesuai data tahun lalu. Jika ada sekolah yang belum masuk ke dalam data dan berminat mengikuti SNMPTN undangan, bisa segera mengirimkan permohonan, kata Akhmaloka, Ketua Umum  SNMPTN yang dihubungi dari Jakarta, Rabu (26/1).

Pendaftaran SNMPTN undangan dibuka pada 1 Februari-8 Maret. Sebanyak 61 PTN  tergabung dalam SNMPTN tahun ini.

Menurut Akhmaloka, yang juga Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB), sekolah yang belum terdaftar di laman www.snmptn.ac.id bisa segera mengajukan permohonan untuk bisa didata. Sebab, dalam SNMPTN jalur undangan ini sekolah yang harus merekomendasikan siswa untuk ikut SNMPTN bebas tes ini.  

Sesuai ketentuan panitia SNMPTN, kuota siswa yang boleh diajukan sekolah untuk mengikuti SNMPTN jalur undangan disesuaikan dengan akreditasi sekolah. Sekolah dengan akreditasi A bisa mengirimkan 50 persen siswa terbaiknya, berakreditasi B sebanyak 30 persen, dan akreditasi C sebanyak 15 persen. 

Untuk sekolah baru yang belum terakreditasi boleh ikut, tetapi hanya bisa mengikutsertakan lima persen siswa terbaiknya.

Para siswa yang dicalonkan sekolah harus memiliki prestasi yang terbaik dan konsisten. Hal ini ditunjukkan dari nilai rapor yang konsisten di semester 3, 4, dan 5, terutama mata pelajaran yang masuk dalam ujian nasional. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com