Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Didorong Makin Melek Internet dan Menulis

Kompas.com - 29/01/2012, 20:36 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Guru-guru di Indonesia terus didorong untuk melek internet dan menulis. Penguasaan teknologi dan menulis yang dimiliki para guru diyakini dapat mendorong perubahan kegiatan belajar-mengajar yang berkualitas di sekolah.

Gerakan guru melek internet dan menulis itu menjadi fokus dalan kegiatan pemberdayaan dan peningkatan kualitas guru yang diprogramkan Ikatan Guru Indonesia (IGI) pada tahun 2012.

Demikian salah satu komitmen dari rapat kerja nasional IGI di Surabaya, Minggu (29/1/2012).

"IGI ingin setiap siswa dan guru bisa menulis dan membukukan karya tulisnya dalam berbagai media," kata Ketua Umum IGI Satria Dharma.

Menurut Satria, gerakan menulis ini merupakan kelanjutan dari gerakan membaca yang sebelumnya digulirkan IGI. "Peradaban bangsa ditandai dengan banyaknya karya tulis. Kita masih sangat kekurangan penulis," tuturnya.

Satria berharap gerakan menulis ini bisa melahirkan penulis-penulis muda andal yang mampu memberikan perubahan bagi bangsa ini ke depan.

Anggota Dewan Pembina IGI, Ahmad Rizali, menambahkan gerakan membaca merupakan inisiatif pembelajaran bernalar. Sebab, dari hasil observasi IGI di sejumlah kampus besar di Indonesia, tampak mahasiswa kurang bernalar dalam proses pembelajaran.

"Ini akibat proses menghafal sebagai titik berat kegiatan belajar-mengajar atau KBM di sekolah. KBM di kelas tidak bernalar. Semuanya menghafal. Dengan menulis, kami ingin guru dan siswa sama-sama menggunakan nalarnya di kelas," tutur Ahmad.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com