Mendikbud: Era "Nyontek" Sudah Selesai

Kompas.com - 29/01/2012, 20:43 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

DEPOK, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyatakan, era melakukan kecurangan saat ujian nasional sudah berakhir. Saat ini sudah saatnya membuka era baru, yaitu jujur dan berprestasi.

"Soal lulus ujian itu gampang, lulus itu konsekuensi dari belajar, pasti bisa lulus. Belajar dengan rajin dan jujur. Yang penting sekarang tidak ada lagi siswa yang ngepek (mencontek) dan guru memberi contekan kepada siswa," kata Mohammad Nuh, Minggu (29/1/2012), saat berkunjung ke sejumlah sekolah di Depok.

Saat ini, kata Nuh, pemerintah sudah menyiapkan ujian nasional (UN) tahun 2012. Nuh enggan menjelaskan secara detail teknis pelaksaan UN tahun ini. "Yang penting anak-anak semangat dan belajar. Kita akan tegakkan kejujuran dan prestasi. Kami harapkan pelaksanaan UN di daerah menjadi pelopor dan teladan, misalnya di Depok, UN yang jujur dan berprestasi," katanya.

Rencananya, UN untuk SMA sederajat digelar pada 16 sampai 19 April, UN untuk SMP pada 23-26 April, dan UN untuk SD 7-9 Mei.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.