Ada 528 Kursi Jalur Undangan Untirta

Kompas.com - 30/01/2012, 01:34 WIB
EditorBenny N Joewono

SERANG, KOMPAS.com — Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Serang, mulai 1 Februari 2012 membuka Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri 2012 (SNMPTN 2012) melalui jalur undangan dengan kuota 528 calon mahasiswa baru.

Kepala UPT Humas Untirta Boyke Pribadi di Serang, Minggu, mengatakan, sehubungan dengan telah dimulainya proses SNMPTN 2012, Untirta mulai membuka SNMPTN untuk jalur undangan tanggal 1 Februari hingga 8 Maret 2012.

"Kuota penerimaan mahasiswa baru di Untirta pada 2012 sebanyak 2.640 mahasiwa. Sebanyak 20 persen atau 528 kursi untuk jalur undangan," kata Boyke, Minggu (29/1/2012).

Lainnya terdiri dari 1.056 kursi atau sekitar 40 persen melalui proses SNMPTN, sebanyak 792 kursi atau 30 persen jalur PMDK, dan 10 persen atau 264 kursi melalui jalur ujian masuk mandiri (UMM).
"Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif," kata Boyke Pribadi.

Adapun ketentuan SNMPTN jalur undangan tersebut adalah mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis dan/atau keterampilan.

Sekolah yang berhak mengikuti jalur undangan adalah sekolah yang diundang oleh panitia SNMPTN.
Ia mengatakan, penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi.

Menurut Boyke, sejalan dengan program pemerintah tentang Biaya Pendidikan Bagi Mahasiswa Miskin (Bidikmisi), calon yang dinyatakan diterima melalui tiap-tiap jalur seleksi dapat mengajukan permohonan memperoleh beasiswa Bidikmisi sehingga mendukung keberlanjutan studinya.
"Daftar sekolah yang diundang dapat dilihat di laman resmi SNMPTN jalur Undangan (http://undangan.snmptn.ac.id)," katanya.

Sekolah yang belum masuk dalam daftar undangan dapat mengajukan permohonan resmi kepada Ketua Panitia SNMPTN 2012 dengan menyertakan profil sekolah. Siswa yang dapat mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh kepala sekolah masing-masing.

Menurutnya, siswa yang berhak mengikuti jalur undangan antara lain memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh kepala sekolah, yaitu masuk dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester III, IV, dan V dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah untuk SMA dan MA, atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MAK.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.