Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Siap Daftar SNMPTN Undangan

Kompas.com - 31/01/2012, 19:25 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekolah-sekolah di jenjang pendidikan menengah siap mendaftarkan siswa, lewat jalur undangan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN).

Pendaftaran SNMPTN jalur undangan mulai dibuka Rabu (1/2/2012) hingga 8 Maret.

 

La Ose, Kepala Sekolah SMAN 1 Lawa, Muna, Sulawesi Tenggara, yang dihubungi dari Jakarta, Selasa (31/1/2012), mengatakan, sekolah sudah siap untuk mendaftarkan sekitar 50 siswa berprestasi secara online pada Rabu besok. Sekolah memfasilitasi semua siswa, untuk bisa mendaftar lewat jalur tanpa tes ini.  

 

"Koneksi internet di sini harus pakai modem supaya bisa tersambung dengan baik. Paling nanti siswa kami minta isi pulsa ketika memasukkan data-data saat pendaftaran," kata La OSe.

 

Tintin Komariah, guru SMAN 14 Bandung, mengatakan pula bahwa sekolah sudah mensosialisasikan adanya SNMPTN jalur undangan sejak siswa duduk di bangku akhir. Cara ini untuk mendorong siswa mempertahankan prestasi sejak di bangku kelas X dan XI, agar terus konsisten.

 

Menurut Tarman, Kepala SMKN 2 Metro Lampung, hanya sekitar 15 persen siswa kelas 3 SMK yang tertarik melanjutkan kuliah. Selebihnya siswa sudah ditawari kerja oleh perusahaan-perusahaan yang merekrut langsung di sekolah atau berwirausaha.

 

Sekolah tetap mendorong siswa yang secara akademis berprestasi untuk memanfaatkan SNMPTN jalur undangan. Bahkan kami dorong siswa di program keahlian pertaniaan untuk memilih Institut Pertanian Bogor.

"Cuma di SMK memang banyak siswa yang lebih berorientasi lulus langsung kerja," kata Tarman.

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com