Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SNMPTN Jalur Undangan Dibuka

Kompas.com - 01/02/2012, 03:42 WIB

Jakarta, Kompas - Pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri jalur undangan dibuka Rabu, 1 Februari, hingga 8 Maret. Pendaftaran untuk siswa berprestasi di 61 perguruan tinggi negeri ini hanya bisa diikuti siswa yang direkomendasikan sekolahnya.

La Ose, Kepala Sekolah SMAN 1 Lawa, Muna, Sulawesi Tenggara, yang dihubungi dari Jakarta, Selasa, mengatakan, sekolahnya siap mendaftarkan sekitar 50 siswa berprestasi secara online, Rabu ini. Sekolah memfasilitasi semua siswa agar bisa mendaftar lewat jalur tanpa tes.

”Koneksi internet di sini harus pakai modem supaya bisa tersambung dengan baik. Paling nanti siswa kami minta isi pulsa ketika memasukkan data saat pendaftaran,” kata La Ose.

Sekolah tak hanya membantu siswa saat pendaftaran. Pembayaran uang pendaftaran Rp 175.000 per siswa lewat Bank Mandiri juga ditanggung. Sekolah akan mengirim guru ke Kendari, sekitar tiga jam perjalanan laut, agar bisa membayar pendaftaran siswa ke bank yang direkomendasikan.

Tintin Komariah, guru SMAN 14 Bandung, mengatakan, sekolah sudah menyosialisasikan SNMPTN jalur undangan sejak siswa duduk di bangku akhir. Itu untuk mendorong siswa mempertahankan prestasi sejak kelas X dan XI.

”Wali kelas dan guru Bimbingan Konseling di sekolah terus memantau siswa yang berprestasi secara akademik. Orangtua juga diajak terus mendorong anaknya mempertahankan prestasi. Soalnya, siswa yang prestasinya terus baik berpeluang diterima di SNMPTN jalur undangan,” kata Tintin.

Tarman, Kepala SMKN 2 Metro Lampung, mengatakan, hanya sekitar 15 persen siswa kelas III SMK yang tertarik melanjutkan kuliah. Selebihnya berwirausaha atau ditawari bekerja oleh perusahaan yang merekrut langsung di sekolah.

”Sekolah tetap mendorong siswa berprestasi akademis untuk memanfaatkan SNMPTN jalur undangan. Bahkan, kami dorong siswa di program keahlian pertanian untuk memilih Institut Pertanian Bogor. Hanya, di SMK memang banyak siswa yang lebih berorientasi lulus langsung kerja,” kata Tarman.

Beasiswa Bidik Misi

Untuk memperbanyak jumlah mahasiswa Indonesia, pemerintah menyediakan beasiswa bagi calon mahasiswa dari keluarga miskin yang disebut Bidik Misi. Tahun 2012, disediakan 30.000 beasiswa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com