Kepala Bappenas Resahkan Demo Buruh

Kompas.com - 01/02/2012, 17:55 WIB
|
EditorTri Wahono

MALANG, KOMPAS.com — Unjuk rasa persoalan sengketa lahan dan aksi buruh harus segera diselesaikan agar tidak sampai mengancam pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini. Hal itu disampaikan Menteri PPN/Kepala Bappenas Prof Dr Armida Salsiah Alisjahbana, saat mengisi acara kuliah tamu di Universits Brawijaya (UB) Malang, Rabu (1/2/2012).

"Kita harus prihatin dan harus mewaspadai terkait ancaman perekonomian RI saat ini. Ada dua hal yang menjadi ancaman perekonomian kita saat ini," katanya. Dua hal tersebut, jelas Armida, adalah soal maraknya demo buruh di berbagai daerah, sejak beberapa pekan ini, dan maraknya sengketa lahan.

Ia mengatakan, kedua hal tersebut dapat menghambat para investor luar negeri menanamkan modal di Indonesia. "Kalau sudah demikian kondisinya, tenaga kerja formal akan berkurang," katanya.

Melihat kondisi tersebut, Armida berharap kementerian terkait harus segera menyelesaikan persoalan yang menimpa buruh dan sengketa lahan itu. "Saya hanya bisa mendorong. Karena bukan wilayah saya," ujarya.

Armida menjelaskan, saat ini pertumbuhan ekonomian Indonesia sudah mencapai 6,7 persen. Meski demikian, ia menilai Indonesia masih lemah dalam hal ekspor. "Saat ini bahan ekspor cukup melemah dibanding 2011 lalu. Termasuk pasar yang dituju, misalnya China dan Amerika," ujarnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.