Dana RSBI, 63 Persen dari Orang Tua

Kompas.com - 01/02/2012, 22:19 WIB
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh mengatakan sebagian besar biaya operasional sekolah dengan label Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) berasal dari orang tua murid. Berdasarkan data yang ia beberkan dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, Rabu (1/2/2012), di gedung DPR, Jakarta, orang tua murid menutupi 63 persen anggaran yang diperlukan oleh sekolah berlabel RSBI.

"Itulah mengapa RSBI menjadi mahal. Hampir 40 persen dana masyarakat digunakan untuk sarana dan prasarana, serta proses pembelajarannya," kata Nuh.

Namun begitu, ia enggan mempermasalahkan banyaknya sekolah berlabel RSBI yang memprioritaskan anggarannya untuk pembangunan sarana dan prasarana. Ia berkilah, jika saat ini sekolah berlabel RSBI terus menggenjot pembangunan sarana dan prasarana, maka untuk tahun-tahun berikutnya ia harap anggaran tersebut dapat digunakan untuk peningkatan mutu pendidikannya.

"Kami yakin, sarana dan prasarana itu bukan barang habis, maka pada fase berikutnya (anggaran) dapat dimanfaatkan untuk peningkatan mutu," pungkasnya.

Hal tersebut dikatakan Nuh menanggapai pertanyaan anggota DPR bahwa adanya RSBI menunjukkan tidak ada pemerataan kesempatan pendidikan bagi seluruh warga negara sesuai amanat UUD 1945. Dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, anggota DPR dari Fraksi PDI-P Tubagus Dedi Gumelar menyoroti disparitas di tengah masyarakat antara sekolah RSBI dan yang bukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.