Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Suez Canal di Mesir Buka Pusat Studi Indonesia

Kompas.com - 06/02/2012, 12:59 WIB
Mustafa Abd. Rahman

Penulis

KAIRO, KOMPAS.com - Universitas Suez Canal di kota Ismailiya - Mesir (sekitar 100 km arah timur kota Kairo) hari Minggu (5/2/2012) secara resmi membuka pusat studi Indonesia (PSI).

Pembukaan PSI itu ditandai dengan pemukulan gong oleh Dubes RI untuk Mesir, Nurfaizi Suwandi, dan Rektor Universitas Suez Canal Prof. Dr. Ahmed Mohammedein. Demikian rilis KBRI Kairo yang dikirim ke Kompas, seperti dilaporkan wartawan Kompas, Musthafa Abd. Rahman, dari Kairo - Mesir.

PSI mempunyai beberapa program, diantaranya: Kursus Bahasa Indonesia, Perpustakaan, Café baca, Pemutaran Film Indonesia, Café Budaya, Dapur Indonesia, Mengadakan seminar tentang Indonesia, Memberikan Konsultasi dan bimbingan akademik untuk mahasiswa yang akan meneliti tentang Indonesia.

Dubes Nufaizi, hubungan Indonesia-Mesir telah melewati sejarah cukup panjang, sehingga perlu dikembangkan dari sekedar hubungan yang bersifat emosional ke dalam aksi nyata yang memberikan manfaat besar bagi kedua n egara.

Rektor universitas Suez Canal, Mohammedein mengatakan, pendirian PSI ini menunjukkan langkah riil bahwa Indonesia memberikan perhatian khusus bagi sahabat setianya (Mesir).

Atase Pendidikan KBRI Kairo, Prof, Sangidu, PSI pekan depan dapat dimulai dengan beberapa program pelajaran, yaitu kursus Bahasa Indonesia dan pengenalan budaya nusantara, serta akan dilengkapi dengan perpustakaan literatur buku-buku tentang Indonesia.

Seperti diketahui, kerjasama bidang pendidikan antara Universitas Suez Canal dengan Universitas Indonesia sudah berjalan sejak tahun 2005.

Program dan kerjasama yang terlaksana antara Universitas Suez Canal dengan beberapa universitas Indonesia di antaranya Shortcourse untuk mahasiswa S2 dan S3 (UGM dan UNS), Bimbingan tesis dan disertasi (UGM dan UNS), Rintisan double degree (UGM), Pelatihan bahasa Arab bagi para pengajar bahasa arab (UNS, IAIN Surabaya, UGM).

Selain itu, Join riset antara Universitas Suez Kanal dan UNS (Universitas Sebelas Maret), Kursus bahasa Indonesia untuk mahasiswa Universitas Suez Canal, Beasiswa KNB (Kemitraan Negara Berkembang) untuk mahasiswa S2 Mesir, Dream program untuk mengunjungi UGM, Belajar Bahasa Indonesia melalui program Darmasiswa untuk mahasiswa Mesir selama setahun di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com