Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMN Mengukuhkan Guru Besar Ekonomi

Kompas.com - 07/02/2012, 16:28 WIB
Dian Maharani

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mengukuhkan Prof. Dr. Ir. Sugiarto M.Sc sebagai guru besar Ilmu Manajemen Keuangan pada Fakultas Ekonomi UMN di function hall UMN, Gading Serpong pada Selasa (7/2/2012). Dalam Rapat Senat Terbuka tersebut Sugiarto menyampaikan pidatonya yang berjudul "Struktur Kepemilikan, Permasalahan Keagenan, Struktur Modal, Informasi Asimetri dan Corporate Governance Perusahaan-perusahaan Terbuka Non Keuangan di Indonesia."

Sugiarto mengatakan penelitian terhadap praktik-praktik bisnis di Indonesia merupakan sesuatu yang menarik menimbang potensi Indonesia dalam populasi, luas wilayah maupun sumber daya yang dimiliki. "Meskipun perekonomian Indonesia masih tergolong berkembang dan demikian pula pasar modalnya, ledakan pertumbuhan saham-saham yang terdaftar baru serta volume saham di Bursa Efek Indonesia memperoleh perhatian tersendiri dari para investor internasional," kata Sugiarto.

Pengukuhan Guru Besar Fakultas Ekonomi yang pertama di UMN ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Multimedia Nusantara Ir. Teddy Surianto, Rektor UMN Dr. Ninok Leksono, para wakil rektor, dekan, ketua program studi, ketua, sekretaris, dan anggota senat akademik, serta segenap civitas Academica Universitas Multimedia Nusantara.

Rektor UMN, Ninok Leksono yang memimpin Rapat Senat Terbuka Pengukuhan Guru Besar UMN berharap besar kepada Sugiarto dan seluruh rekan-rekan UMN bisa memajukan dan mengembangkan UMN di masa mendatang. "Saya berharap rekan-rekan semua dapat memetik inspirasi dari Profesor Sugi, baik dari sisi bidang kajian maupun dari sisi semangat ilmiahnya," kata Ninok.

Pria kelahiran Pekalongan, 11 Maret 1964 ini merupakan lulusan terbaik tahun 1987 S1 Statistika dari Departemen Statistika Terapan Institut Pertanian Bogor. Kemudian ia melanjutkan jenjang S2 Master of Science dari Dept of Applied Statistics, the University of Reading UK (1993-1994). Lalu meraih gelar S3 Doktor Manajemen Keuangan dari Institut Bisnis dan Informatika Indonesia (IBII) Jakarta pada 2008.

Sejak tahun 2009 hingga sekarang ia menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Multimedia Nusantara. Sugiarto sangat gemar menulis, ia telah menerbitkan puluhan buku-buku ilmiah bertema ekonomi dan keuangan. Tak hanya buku ilmiah, Sugi juga pernah menulis buku berjudul "Kung Fu", "Comprehensive Aikido", dan "Tai Chi Chuan Tuishou, Tingkat Lanjut" juga pernah diterbitkan pada tahun 2006.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com