Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepi, Komersialisasi Hasil Riset

Kompas.com - 13/02/2012, 10:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perpustakaan digital Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sudah mengembangkan buku tiga dimensi hasil riset para penelitinya sehingga memudahkan masyarakat dan industri untuk mengadopsinya. Sayangnya, komersialisasi hasil-hasil riset tersebut hingga kini masih sepi.

”Selama ini belum terjadi kerja sama untuk mengaplikasikan hasil-hasil riset yang sudah dituangkan ke dalam buku elektronik ataupun buku tiga dimensi,” kata Kepala Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII LIPI) Sri Hartinah, Sabtu (11/2), di Jakarta.

Sri Hartinah mengatakan, sejak 2009 PDII memfokuskan pendokumentasian hasil-hasil riset energi. Energi menjadi pilihan tatkala ketersediaan bahan bakar fosil menipis sehingga dibutuhkan berbagai inovasi teknologi untuk menggantikannya dengan energi terbarukan.

”Kalau untuk tujuan pendidikan dan tidak dikomersialkan, masyarakat dapat mengadopsi hasil-hasil riset LIPI tanpa membayar royaltinya,” kata Sri Hartinah.

Peneliti bidang informasi PDII, Slamet Riyanto, mengatakan, setidaknya hingga saat ini sudah ada sekitar 70 hasil riset yang disiapkan menjadi buku tiga dimensi. Pembuatan ilustrasi hasil riset juga disiapkan untuk memudahkan pemahaman terhadap hasil-hasil riset.

”Dari sejumlah buku tiga dimensi itu, nanti sebagian di antaranya hanya dapat diakses di perpustakaan PDII LIPI. Itu terkait dengan urusan hak cipta ataupun paten,” kata Sri Hartinah.

Prioritas bidang energi, menurut Sri Hartinah, berdasarkan prioritas nasional yang sekarang risetnya juga dikerjakan oleh berbagai lembaga penelitian lain. (NAW)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com