Guru Honor Demo Tuntut Tunjangan Daerah

Kompas.com - 13/02/2012, 12:30 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

BANDUNG, KOMPAS.com — Puluhan guru honorer yang tergabung dalam Forum Komunikasi Guru Honorer (FKGH) berunjuk rasa di depan Gedung Sate, Bandung, Senin (13/2/2012). Mereka menuntut tunjangan daerah yang belum dibagi secara menyeluruh.

”Besarannya Rp 100.000 per tahun per orang,” ujar Ketua FKGH Kota Bandung Yayan Herdiyan, Senin (13/2/2012).

Yayan mengungkapkan, tunjangan daerah sudah dibagikan, tetapi belum merata. Tunjangan daerah untuk guru honorer di Kabupaten Bandung, misalnya, sudah dibagikan, sementara daerah lain seperti Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat belum dibagikan sedikit pun.

Menurut Yayan, tunjangan daerah adalah inisiatif Gubernur Jawa Barat yang dikucurkan setelah didahului pendataan. Dengan segala keterbatasan yang dialami para guru, Yayan menyesalkan pengucuran dana yang belum juga terjadi.

Menurut data FKGH, terdapat sekitar 16.000 guru honorer di Kota Bandung dan 350.000 guru di Jabar.

Unjuk rasa dilakukan dengan menggelar spanduk berisi harapan kepada pemerintah di atas aspal. Kemudian mereka berorasi meski tanpa dihadiri perwakilan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Hingga berita diturunkan, unjuk rasa masih berlangsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.