Indonesia Masuk Top 20 Belajar di Amerika Serikat

Kompas.com - 14/02/2012, 11:43 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com- Indonesia masuk dalam jajaran 20 besar negara yang mengambil pendidikan di perguruan tinggi di Amerika Serikat. Hingga saat ini tercatat 6.942 warga Indonesia yang belajar di negeri Paman Sam.

Berdasarkan data Institute of International Education tahun 2011, umumnya warga Indonesia mengambil pendidikan di level S-1 yang jumlahnya sekitar 64,5 persen. Adapun pascasarjana sekitar 22,2 persen.

Hal ini terungkap dalam seminar mengenai pentingnya Indonesia berinvestasi dalam pendidikan internasional yang diselenggarakan Indonesian International Education Foundation (IIEF) di Jakarta, Selasa (14/1/2012). Hadir dalam acara ini Presiden dan CEO Institute of International Educatin (IIE) Amerika Serikat Allan E Goodman.

Indonesia masuk di urutan ke-19 yang memiliki warga terbanyak belajar di Amerika Serikat, sedangkan di urutan ke-20 Malaysia. Negara seperti China, India, Korea Selatan, Kanada, dan Taiwan masuk dalam lima besar yang memiliki mahasiswa di Amerika Serikat.

Mahasiswa internasional di Amerika Serikat pada tahun lalu meningkat 32 persen sejak kurun waktu 2000. Jumlahnya mencapai 723.277 mahasiswa.

Mahasiswa asal Indonesia yang belajar di Amerika Serikat mulai menurun sejak tahun 2006 sampai saat ini. Padahal mahasiswa asal Indonesia di negeri ini pada tahun 1997 pernah mencapai 13.282 orang.

Ada 20 perguruan tinggi yang tercatat menerima banyak mahasiswa internasional. University of Southern California berada di peringkat pertama. Sembilan besar berikutnya adalah University of Illionis-Urbana-Champaign, New York University, Purdue University (main campus), Columbia University, University of California-Los Angeles, Ohio State University (main campus), University of Michigan-Ann Arbor, Michigan State University, dan Harvard University.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.