Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Masuk Top 20 Belajar di Amerika Serikat

Kompas.com - 14/02/2012, 11:43 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Indonesia masuk dalam jajaran 20 besar negara yang mengambil pendidikan di perguruan tinggi di Amerika Serikat. Hingga saat ini tercatat 6.942 warga Indonesia yang belajar di negeri Paman Sam.

Berdasarkan data Institute of International Education tahun 2011, umumnya warga Indonesia mengambil pendidikan di level S-1 yang jumlahnya sekitar 64,5 persen. Adapun pascasarjana sekitar 22,2 persen.

Hal ini terungkap dalam seminar mengenai pentingnya Indonesia berinvestasi dalam pendidikan internasional yang diselenggarakan Indonesian International Education Foundation (IIEF) di Jakarta, Selasa (14/1/2012). Hadir dalam acara ini Presiden dan CEO Institute of International Educatin (IIE) Amerika Serikat Allan E Goodman.

Indonesia masuk di urutan ke-19 yang memiliki warga terbanyak belajar di Amerika Serikat, sedangkan di urutan ke-20 Malaysia. Negara seperti China, India, Korea Selatan, Kanada, dan Taiwan masuk dalam lima besar yang memiliki mahasiswa di Amerika Serikat.

Mahasiswa internasional di Amerika Serikat pada tahun lalu meningkat 32 persen sejak kurun waktu 2000. Jumlahnya mencapai 723.277 mahasiswa.

Mahasiswa asal Indonesia yang belajar di Amerika Serikat mulai menurun sejak tahun 2006 sampai saat ini. Padahal mahasiswa asal Indonesia di negeri ini pada tahun 1997 pernah mencapai 13.282 orang.

Ada 20 perguruan tinggi yang tercatat menerima banyak mahasiswa internasional. University of Southern California berada di peringkat pertama. Sembilan besar berikutnya adalah University of Illionis-Urbana-Champaign, New York University, Purdue University (main campus), Columbia University, University of California-Los Angeles, Ohio State University (main campus), University of Michigan-Ann Arbor, Michigan State University, dan Harvard University.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com