Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Lebak Dapat Pelatihan Sains Kreatif

Kompas.com - 15/02/2012, 18:04 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Mengajarkan sains secara kreatif masih sulit dilakukan guru-guru. Padahal, pembelajaran sains kreatif berdampak baik kepada siswa karena menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan dan rasa ingin tahu.

Untuk itu, pengajar muda dari Indonesia Mengajar yang bertugas di Kabupaten Lebak, Banten, menyelenggarakan pelatihan sains kreatif bagi guru-guru.

Eko Budi Wibowo, Pengajar Muda Kabupaten Lebak, Rabu (15/2/2012), mengatakan, pelatihan pembelajaran sians yang kreatif dilaksanakan para pengajar muda bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak.

"Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru-guru sains dan membuat pembelajaran sains yang menyenangkan, sehingga diharapkan nantinya guru-guru dapat mentransfer ilmu dan sains dengan cara yang menyenangkan tersebut kepada anak-anak didiknya," jelas Eko.

Untuk mengajar sistem pernafasan paru-paru manusia, misalnya, para guru diajak untuk memanfaatkan botol bekas dan balon. Contoh lain soal materi api dan oksigen, guru bisa meminta siswa menyalakan lilin dan ditutup dengan gelas.

Lewat materi ini guru bisa menjelaskan mengapa lilin bisa mati ketika dinyalakan di dalam gelas kemudian disiram dengan air cuka. Praktek ini menjelaskan bahwa ketika api menyala dibutuhkan oksigen di sekitarnya. Ketika oksigen terdorong keluar oleh cairan asam maka lilin akan mati.

"Asal mau kreatif, guru-guru bisa memakai percobaan sederhana untuk mengajarkan sains. Sayang, guru-guru belum banyak yang tahu. Pengetahuan ini yang ingin kami para pengajar muda bagikan supaya guru-guru sains di Lebak bisa kreatif," kata Eko.

Seluruh peserta terlihat antusias dalam mengikuti pelatihan ini, yang dapat terlihat dari semangat mereka untuk bertanya dan menggali materi lebih jauh. Sebagai tindak lanjut, para peserta mendapatkan tugas untuk menghasilkan listrik dari kentang.

Hasil output pembelajaran ini kemudian akan ditindaklanjuti pada ajang perlombaan nasional yaitu Olimpiade Sains Kuark (OSK) 2012. Dalam olimpiade ini, materi yang diujikan berupa pembelajaran sains yang diambil dari Majalah Kuark (majalah komik untuk pembelajaran sains).

Dengan dukungan dan bantuan dari pengajar muda Lebak, Kabupaten Lebak akan mengirim 820 peserta dari seluruh SD yang ada di Lebak untuk mengikuti seleksi awal OSK yang akan berlangsung pada tanggal 18 Februari 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com