Android "Es Krim" Kurang Laris, "Jelly Bean" Segera Dirilis

Kompas.com - 20/02/2012, 14:28 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Rendahnya penggunaan Android versi terbaru, Ice Cream Sandwich (Android 4.0) di smartphone dan perangkat tablet sepertinya membuat Google bergerak cepat untuk segera merilis Android versi selanjutnya.

Google dikabarkan akan meluncurkan Android 5.0 yang diberi nama "Jelly Bean" pada kuartal II-2012 atau sekitar bulan Juni mendatang.

Seperti yang dilansir Digitimes yang mendapat informasi dari distributor yang berbasis di Taiwan, peluncuran "Jelly Bean" disebabkan karena penyerapan Ice Cream Sandwich telah gagal memenuhi harapan semula.

Hingga Februari 2012, Ice Cream Sandwich hanya dipakai sekitar satu persen dari perangkat ponsel dan tablet yang ada.

Salah satu ponsel yang baru memakai Ice Cream Sandwich adalah Galaxy Nexus, pada akhir tahun lalu.

Meski, beberapa bulan ke depan Ice Cream Sandwich diperkirakan akan banyak dipakai oleh perangkat Android lain, terutama saat beberapa vendor ponsel merilis perangkat terbarunya di ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona akhir bulan ini.

Sementara versi Android yang yang paling banyak dipakai adalah Android Gingerbread (mulai versi 2.3.3 hingga 2.3.7) yang digunakan oleh 58,6 persen dari perangkat Android yang ada.

Peluncuran OS Android 5.0 ini juga disebut juga karena kehadiran Windows 8 yang akan dirilis Microsoft pada kuartal III-2012.

Android "Jelly Bean" selain bisa digunakan untuk smartphone dan tablet, Google juga akan merancangnya sebagai sistem operasi di notebook dan netbook.

Sebenarnya Google telah memiliki sistem operasi untuk notebook, yaitu Chrome. Namun, notebook dengan Chrome (Chromebook) juga tidak sebaik perkiraan Google semula.

Oleh karena itu, Google akan merancang "Jelly Bean" siap digunakan di notebook, untuk bersaing dengan Windows 8. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.