Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Takut Masukkan Anak ke RSBI

Kompas.com - 22/02/2012, 19:16 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, meminta pada masyarakat dari keluarga tidak mampu agar tidak khawatir untuk mendaftarkan anaknya masuk sekolah yang merupakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). "Sesuai dengan aturan RSBI di Jakarta diwajibkan menyediakan kuota 20 persen bagi pelajar dari keluarga tidak mampu yang memiliki kemampuan akademik dan intelektual tinggi," kata Taufik ketika jumpa pers di Balaikota, Jakarta, Rabu (22/2/2012).

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta, sebanyak 776 siswa di RSBI tingkat SMA mendapatkan keringanan biaya. Sejauh ini, ada 10 SMA di Jakarta yang tercatat sebagai RSBI yaitu SMA 8, SMA 3, SMA 48, SMA 21, SMA 28, SMA 61, SMA 68, SMA 70, SMA 78, dan SMA 81. "Di Jakarta ada 10 SMA yang termasuk dalam RSBI. Jumlah siswanya sebanyak 6.480 dan 776 siswanya dapat keringanan," ujar Taufik.

Ia juga mengimbau pada semua pihak untuk memberikan informasi kepada Dinas Pendidikan DKI Jakarta maupun sekolah jika menemukan siswa berprestasi namun tidak mampu. Sehingga dapat segera diatasi permasalahannya. "Masyarakat tidak perlu khawatir jika secara akademik bisa bersaing silakan saja," tandasnya.

Sementara itu, salah satu wali murid di SMA 8, Lilik Dwiatmodjo yang berprofesi sebagai penjual burger, mengungkapkan bahwa ia tidak memiliki keberanian untuk memasukkan anaknya ke RSBI. Tapi akhirnya, ia mendapatkan keringanan biaya untuk SPP dan uang gedung. "Dari kecil anak saya memang pintar. Awalnya saya takut kalau di sekolah unggulan bayarnya mahal. Tapi akhirnya saya dapat keringanan dengan membayar semampu saya," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com